Ganggang, Protista Serupa Tumbuhan

Ganggang, Protista Serupa Tumbuhan – Tahukah anda bahwa ganggang termasuk dalam kelompok makhluk hidup protista yang menyerupai tumbuhan? Ganggang memang merupakan jenis kelompok makhluk hidup yang sering ditemui pada sungai, danau serta laut. Dimana mereka hidup serta memiliki klorofil. Bahkan mereka juga memiliki peran yang sangat penting dalam aktivitas fotosintetis di bumi. Hal ini dikarenakan mereka berperan menyerap karbondioksida serta menghasilkan oksigen, khususnya untuk kehidupan dalam air.

a

Karena klorofil itu juga mereka seringkali menghadirkan warna-warni yang sangat indah serta cerah pada suatu perairan. Meskipun demikian, sebenarnya ganggang bukan termasuk ke dalam kategori kingdom tumbuhan. Pasalnya ganggang termasuk ke dalam kelompok protista menyerupai sebuah tumbuhan. Tentu saja bukan hanya dilihat dari bentuknya saja, namun juga dari susunan tubuhnya.

Organisme eukarriotik dengan klorofil

Ganggang termasuk sebagai organisme eukarriotik multiseluler dan uniseluler. Seperti halnya semua tumbuhan, struktur pada ganggang atau yang sering disebut algae juga memiliki kloroplas dan juga dinding sel. Maka dari itu strukturnya bersifat autotrof (mampu menghasilkan makanannya sendiri). Ganggang juga memanfaatkan sinar matahari, karbondioksida dan air agar dapat menghasilkan gula serta oksigen. Akan tetapi tubuh dari protista ini berbeda dengan tumbuhan. Karena struktur tubuh ganggang berupa thalus, sehingga mereka tidak memiliki batang, akar dan daun sejati seperti yang biasa anda lihat pada tumbuhan pada umumnya.

Proses reproduksi balk sksual & aseksual

Satu hal yang sangat membedakan antara ganggang dengan tumbuhan yaitu proses reproduksinya. Dimana ganggang mampu bereproduksi baik secara aseksual maupun balk seksual. Pasalnya proses resproduksi seksual dari protista menyerupai tumbuhan ini dapat dilakukan dengan menyatukan dua garnet yang memiliki jenis berbeda melalui perantara air.

Dari penyatuan tersebut menghasilkan zigot yang kemudian tumbuh menjadi individu baru. Sedang proses reproduksi aseksual pada protista ini akan terjadi melalui tiga cara yaitu pembelahan biner, pembentukan spora dan fragmentasi.

Reproduksi aseksual

Pada proses pembelahan biner serta fragmentasi, tubuh algae akan mengalami pembelahan menjadi dua atau memutuskan diri dari induknya. Selanjutnya bagian yang terbelah tersebut kemudian akan menjadi algae yang baru. Berbeda halnya dengan dua cara perkembangbiakan tersebut, jika melalui spora dilakukan dengan pembelahan dinding sel induk. Dengan demikian menghasilkan spora ketika sudah masak. Spora tersebut kemudian keluar dari dinding sel induk serta tumbuh menjadi sebuah ganggang baru.

Pembagian ganggang

Sebagai protista menyerupai tumbuhan, ganggang dibedakan menjadi tujuh filum sesuai kandungan pigmen dominan, jumlah serta posisi flagela, komponen penyusun dinding sel, sifat fisik dinding sel, sifat kimia dinding sel dan juga bentuk makanan cadangan.

Ketujuh filum protista menyerupai tumbuhan (ganggang) tersebut yaitu Chlorophyta (ganggang hijau), Phaeophyta (ganggang coklat), Chrysophyta (diatom), Pyrrophyta (dinoflagellata), Rhodophita (ganggang merah) serta Euglenophyta (euglenoids).

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Ganggang, Protista Serupa Tumbuhan

  1. Pingback: Jenis Mutasi dan Kelainan Kromosom | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Pengertian dan Fungsi Mitokondria | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *