Gangguan Penyakit pada Ginjal

Memiliki tubuh yang prima dan sehat adalah impian setiap orang, karena dengan memiliki tubuh yang sehat jauh lebih penting dari segala hal apapun.

Selain itu, jika terjadi sedikit saja masalah dengan anggota tubuh, maka dapat mengganggu pekerjaan Anda. Salah satu bagian tubuh yang paling rentan terhadap gangguan penyakit adalah ginjal.

r 148

Seperti yang sudah Anda ketahui, ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting bagi manusia. Ginjal bertugas untuk menyaring, memilah, dan mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak dapat digunakan kembali oleh tubuh.

Oleh karena itu, jika terjadi gangguan pada ginjal akan mengakibatkan penumpukan za-zat yang mengakibatkan penurunan kesehatan dan mengakibatkan permasalahan pada tubuh Anda.

Macam-Macam Gangguan Penyakit pada Ginjal

Berikut macam-macam gangguan penyakit pada ginjal yang wajib Anda ketahui;

  • Batu Ginjal; Batu ginjal merupakan gangguan penyakit pada ginjal yang paling banyak dan paling sering terjadi pada manusia, karena gejala penyakit ini tidak disadari oleh penderitanya.

Batu ginjal terjadi karena terjadi penimbunan garam kalsium di dalam saluran ginjal, rongga ginjal, dan katong kemih.

Batu ginjal berbentuk seperti Kristal yang tidak mampu larut karena terlalu banyak mengonsumsi garam mineral dan kurang minum air putih, sehingga perbanyaklah mengonsumsi air putih agar dapat menetralisasi garam kalsium pada tubuh.

  • Gagal Ginjal; Gagal ginjal adalah salah satu gangguan penyakit ginjal yang mengakibatkan sebagian atau yang paling buruk mengakibatkan kegagalan fungsi terhadap ginjal.

Gagal ginjal diakibatkan oleh rusaknya tubulus pada organ ginjal, dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan, larutan organik, dan terlalu banyak bersentuhan dengan senyawa logam (timah, merkuri, atau uranium).

Selain itu, penyakit ini juga dapat diakibatkan oleh penyakit diabetes yang merusak bagian inti ginjal atau modulla. Untuk mencegah terjadinya gagal ginjal pada tubuh, Anda dapat melakukan pola hidup sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi serta mengurangi penggunaan obat-obatan.

  • Radang Ginjal; Radang ginjal terjadi karena adanya kerusakan pada nefron yang disebabkan oleh terjadinya infeksi bakteri, akibatnya urin kembali masuk kedalam darah dan penyerapan air mengalami gangguan.

Penderita radang ginjal dapat disembuhkan dengan melakukan cuci darah secara rutin dan pencangkokkan ginjal. Akan tetapi, kedua proses penyembuhan tersebut membutuhkan biaya yang sangatlah mahal.

  • Glukosuria; Glukosuria atau lebih banyak dikenal dengan istilah kencing manis merupakan gangguan penyakit pada ginjal yang ditandai dengan adanya glukosa pada urine.

Kadar glukosa pada darah meningkat dan disebabkan oleh kekurangan hormone insulin, sehingga nefron tidak dapat menyerap kembali kelebihan glukosa dan mengakibatkan terbuang bersama urin.

Baca Artikel Lainnya :

  • Hematuria; Hematuria merupakan gangguan penyakit pada ginjal yang ditandai dengan adanya sel darah merah pada urine dan diakibatkan karena terjadinya peradangan pada organ urinaria.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *