Gaya Tidur yang berbahaya Untuk Kesehatan Kita

Gaya Tidur yang berbahaya Untuk Kesehatan Kita – Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk bertahan hidup.

Dengan tidur, kita tidak hanya mengembalikan kembali tenaga yang telah kita gunakan dalam satu hari namun tidur juga memiliki manfaat lain yang tak kalah baiknya bagi tubuh kita.

Untitled

Tidur pun terbagi menjadi dua yaitu tidur malam dan tidur siang. Keduanya sama-sama penting untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa fungsi dan kebaikan dari tidur bagi tubuh kita antara lain:

  1. Tidur dikenal sebagai aktivitas yang mampu meningkatkan imunitas tubuh, memori atau ingatan, serta kreativitas dan kesadaran diri. Tidur berkualitas pada malam hari juga dikenal dapat mengoptimalkan proses detoksifikasi tubuh kita.
  2. Tidur juga dikenal sebagai aktivitas yang mampu memperbaiki metabolisme dalam tubuh kita. Selain itu, tidur dikenal sebagai aktivitas yang mampu mencerahkan kulit karena membuat pembuluh darah kita menjadi lebih relaks sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.
  3. Aktivitas tidur berpotensi membuat berat badan seseorang turun. Energi yang digunakan ketika tidur membantu proses metabolisme bahkan aktivitas dalam otak kita. Aktivitas inilah yang membakar kalori dalam tubuh. Maka tak heran bila terkadang kita mendengar atau mengetahui statement bahwa kekurangan tidur justru membuat berat badan naik.

Masih banyak lagi manfaat yang baik dari tidur. Namun, meski tidur adalah suatu kebutuhan yang mutlak bagi kita, ada beberapa hal yang perlu kita tahu dari tidur.

Beberapa gaya atau posisi tidur yang kurang bahkan tidak benar justru akan membawa petaka bagi kita. Kenali beberapa posisi tidur untuk menghindarkan Anda dari penyakit dan petaka berikut ini:

Tidur tengkurap

Kebiasaan tidur tengkurap bisa menyebabkan nyeri leher saat bangun tidur karena posisi leher selalu menoleh sepanjang malam bahkan terganjal bantal serta tertekan berat badan dari orang itu sendiri.

Penyuka tidur tengkurap disarankan untuk menaruh bantal pada sekitar leher sebagai penyangga untuk mengurangi tekanan.

Tidur miring dengan tangan melingkar kepala

Memang posisi ini dikenal sebagai posisi yang ‘mengunci’ bantal agar tidak bergerak-gerak atau mudah bergeser.

Namun posisi ini tidak baik karena berpotensi memicu cedera pada bahu. Efeknya, saat bangun tidur Anda akan merasa kesemutan hingga mati rasa pada bagian lengan karena darah tidak bisa mengalir dengan lancar.

Tidur menghadap ke kanan dan tangan terentang

Posisi tidur ini sangat dilarang terutama bagi wanita hamil karena posisi ini berpotensi membatasi aliran darah ke janin. Efek samping lainnya yang mungkin muncul dari posisi tidur yang salah ini adalah mulas, sakit pada bahu, lengan, serta punggung.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa posisi tidur yang berbahaya untuk kesehatan kita. Usahakan untuk tidak melanjutkan kebiasaan tidur dengan posisi yang salah meski rasanya begitu berat mengubah kebiasaan. Untuk kesehatan, mengapa kita harus merasa berat berubah?

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *