Gejala dan Tanda Bahwa Anda Mengalami Kekurangan Zat Besi

Tubuh kita mengandung banyak sekali senyawa dan mineral yang membantu kerja tubuh agar maksimal dan terus berstamina. Salah satunya adalah zat besi yang biasa diketahui ada dalam darah manusia.

Zat besi adalah salah satu mineral yang bisa berfungsi untuk memproduksi hemoglobin dan protein lainnya dalam sel darah merah. Sudah tentu zat besi merupakan komponen penting tubuh.

s 22

Jika anda kekurangan zat besi maka anda akan mengalami beberapa penyakit yang sebenarnya bisa saja dirasakan gejalanya sehari-hari. Pada tubuh yang kekurangan zat besi bisa diaktakan satu dari bentuk kekurangan gizi yang paling banyak diderita di dunia.

Gejala dan tanda

Gejala dan tanda yang bisa diketahui jika anda kekurangan zat besi, yaitu :

  • Kuku menjadi rapuh

Gejala ini bisa dilihat karena berbentuk fisik. Kuku yang mudah patah dan juga berwarna pucat merupakan gejala awal bahwa anda kekurangan zat besi. Studi tahun 2010 juga mengatakan bahwa kekurangan gizi dan kekurangan zat besi menyebabkan kuku menjadi pucat dan juga mengalami penuaan. Terutama penggunaan cat kuku berlebih.

  • Sakit kepala

Gejala selanjutnya adalah sakit kepala. Sakit kepala bisa dirasakan oleh siapapun termasuk penderita kekurangan zat besi.

Untuk itu sakit kepala jangan dianggap sepele, karena bisa saja menjadi tanda kurangnya asupan gizi. Sakit kepala dan kekurangan zat besi umumnya dialami para wanita yang sedang menstruasi dan menimbulkan migrain yang hebat.

  • Mudah lelah atau lesu

Mudah lelah atau lesu merupakan gejala utama kekurangan zat besi. Umumnya jika terlalu lelah mereka sering tidak sadarkan diri karena terlalu lesu.

Studi tahun 2000 menyatakan baha kekurangan zat besi berhubungan dengan penurunan kesehatan umum dan juga peningkatan kelelahan pada tubuh. Jika anda merasa terlalu lelah dan lesu setelah melakukan kegiatan yang cukup dasar anda sebaiknya pergi ke dokter dan meminta obat.

Baca Artikel Lainnya :

Kekurangan zat besi bisa saja dihindari dengan mengonsumsi obat penambah darah, mengonsumsi buah-buahan seperti bit dan kurma dan juga tidur serta makan yang cukup sehat dan teratur.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *