Gejala-Gejala Awal Seseorang Terserang Penyakit Lupus

Gejala-Gejala Awal Seseorang Terserang Penyakit Lupus – Lupus, mungkin kata yang akhir- akhir ini sering terdengar di telinga kita.

Namun, ini bukannya lupus yang merupakan judul film melainkan suatu penyakit yang bernama lupus. Penyakit lupus merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mampu menyebabkan kematian.

Untitled

Lupus menyerang tubuh manusia dengan fungsi kekebalan tubuhnya sama seperti HIV. Seseorang yang menderita penyakit lupus akan cepat terserang penyakit lain karena sistem imun yang dimilikinya melemah dan apabila telah terkena penyakit tersebut akan sulit sembuh sehingga seperti tersu melekat pada tubunya hingga semua bagian tubuhnya merasa sakit.

Penyakit lupus menyerang tubuh manusia disebabkan oleh virus. Selain itu berdasarkan penelitian, terdapat hal lain yang dapat menjadi faktor pemicu munculnya penyakit ini seperti obat- obatan, pola hidup yang tak sehat, dan faktor keturunan.

Gejala awal penyakit lupus biasanya tidak disadari oleh penderita karena ciri- cirri yang menyerupai penyakit biasa. Ciri- cirri tersebut adalah munculnya bercak atau ruam berwarna kemerahan pada kulit tubuh.

Mungkin awalnya penderita hanya menduga kulit yang berwarna merah tersebut adalah kulit yang iritasi biasa namun lama kelamaan bercak atau ruam merah tersebut akan terus menyebar keseluruh kulit dan timbul rasa sakit dan nyeri.

Selain itu penderita juga sering merasa lelah dan lemah yang berkepanjangan dan merasakan pegal- pegal pada persendian.

Bahkan penderita akan merasakan tidak tahan bila terkena sinar matahariyang terlalu lama karena akan merasa pusing dan dan tubuhnya sangat lemas.

Seiring berjalannya waktu penderita tersebut akan mulai mengalami gangguan pencernaan dan gangguan pada mulut seperti sariawan sehingga penderita akan mulai kesulitan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman.

Hal ini akan memebuat tubuh si penderita telus mengalami penyusutan berat badan hingga akhirnya tubuh menjadi kurus.

Saat penyakit lupus ini terus menyebar virusnya di dalam tubuh, penderita akan mengalami anemia karena sel- sel darah merah yang ada di dalam tubuh akan hancur sehingga ruam dan bercak warna merah akan menjalar hingga keseluruh tubuh hingga menggangu fungsi organ dalam tubuh tersebut.

Contohnya apabila pada bagian dada terdapat bercak kemerahan makan penderita akan mengalami sesak nafas.

Pengobatan penyakit lupus hingga saat ini memang belum ditemukan, namun apabila penyakit lupus tersebut dapat dideteksi sejak dini maka pengobatan yang diberikan akan membantu mengendalikan penyakit lupus tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Biasanya obat yang diberikan tersebut berupa obat anti- inflammatory non steroid yang merupakan obat pereda rasa nyeri dan pembengkakan, obat Kortikosteroid yaitu obat anti peradangan, dan obat penambahn sistem kekebalan tubuh.

Semua obat tersebut akan diberikan oleh dokter tergantung gejala penyakit lupus yang dialami oleh si penderita. Oleh sebab itu jangan anggap enteng kelainan yang muncul pada kulit karena bisa saja merupakan gejala awal penyakit lupus.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *