Gejala-Gejala Yang Disebabkan Seseorang Kekurangan Asupan Vitamin D

Vitamin D adalah  salah satu jenis vitamin yang dapat larut didalam air, dan yang memiliki fungsi untuk dapat menjaga kesehatan tubuh, yang salah satunya yaitu untuk dapat menjaga kesehatan tulang. Dalam hal ini dikarenakan vitamin D yang memiliki peranan untuk dapat membantu penyerapan kalsium yang ada didalam makanan.

t-60

Ternyata kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan sautu penyakit, maka dari itulah, kita penting untuk bisa mencukupi kebutuhan harian yang ada kandungan vitamin D pada dosis yang telah dianjurkan.

Bagi gejala-gejala kekurangan vitamin D, ternyata tidak memiliki pola yang jelas. Nyatanya saja banyak orang yang tetap tidak menunjukkan suatu gejala apapun, meskipun kadarnya rendah. Berikut ini adalah beberapa dari gejala yang lebih umum, yang di akibatkan karena kekurangan vitamin D:

  1. Mengantuk

Kekurangan vitamin D ternyata akan membuat kita lebih mudah mengantuk. Dari sebuah penelitian yang dipublikasikan kedalam Journal of Clinical Sleep Medicine, dan beredar pada tahun 2000 menyatakan, seseorang yang kurang akan vitamin D, akan lebih mudah mengantuk pada saat melakukan aktivitas seharian,dibandingkan mereka yang tercukupi akan asupan vitamin D nya.

  1. Pengeroposan tulang

Contoh lain dari manfaat vitamin D adalah untuk dapat membantu untuk menguatkan tulang dan juga gigi.

Tapi jika seseorang kekurangan akan vitamin D, hal ini malah akan membuat tulang pada seseorang menjadi semakin lemah dan juga beresiko untuk mengalami pengeroposan dan kerusakan pada tulang.

  1. Nyeri otot dan mudah sekali lelah

Otot adalah salah satu komponen yang ada didalam tubuh, yang memiliki peran untuk dapat membantu tubuh melakukan suatu aktivitas sehari-hari.

Tetapi, pada saat tubuh kekurangan akan vitamin D, hal ini akan membuat seseorang menjadi mudah lelah dan juga nyeri pada otot saat melakukan sesuatu. Padahal ini, kita tahu bahwa nyeri otot ataupun cepat lelah disebabkan oleh karena kekurangan vitamin D.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Memicu kanker

Kekurangan vitamin D ternyata dapat menyebabkan kanker. Hal ini dikarenakan vitamin D adalah sebuah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, dan salah satunya itu adalah sel kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *