George Clooney, Seorang Aktor Amerika

clooneyBiografi George Clooney, Seorang Aktor Amerika – George Timothy Clooney lahir pada tanggal 6 Mei 1961 di Lexington, Kentacky, Amerika Serikat. George Clooney merupakan seorang aktor, penulis naskah film, produser, direktur dan aktivis asal Amerika Serikat.

George Clooney telah menerima tiga kali penghargaan di ajang Golden Globe Awards karena hasil kerjanya sebagai seorang actor Hollywood dan dua kali penghargaan dari ajang Academy Awards, satu karena aktingnya dan satunya lagi karena produksi filmnya.

Ibu George Clooney bernama Nina Bruce yang lahir pada tahun 1939, ibunya seorang ratu yang cantik dan seorang wanita yang bekerja sebagai dewan di kota. Ayah George Clooney bernama Nick Clooney yang lahir pada tahun 1934, ayahnya merupakan seorang mantan penyiar televisi dan pembawa acara gameyang menjadi pembawa acara AMC selama lima tahun di akhir tahun 1990an.

George Clooney memiliki keturunan Jerman, Irlandia dan Inggris. George Clooney masih keluarga jauh dari Nancy Lincoln yang merupakan ibu dari presiden amerika serikat terdahulu presiden Abraham Lincoln. George Clooney memiliki seorang kakak perempuan yang bernama Adelia biasa dipanggil Ada.

Bibi George Clooney merupakan seorang penyanyi cabaret terkenal dan aktris bernama Rosemary Clooney. Memalui Rosemary Clooney, saudara sepupu George Clooney termasuk actor Miguel Ferrer, Rafael Ferrer dan Gabriel Ferrer yang dinikahi oleh penyanyi Debby Boone.

George Clooney memulai debut di dunia akting di tahun 1978 di Televisi. Kemudian George Clooney mendapatkan pengakuan dalam perannya sebagai Dr. Doug Ross pada drama panjang ER dari tahun 1994 hingga tahun 1999, karena drama ini George Clooney menerima dua nominasi di Emmy Awards.

Ketika bekerja untuk drama ER, George Clooney mulai mengambil peran utama di film termasuk film super hero Batman & Robbin di tahun 1997 film komedi criminal berjudul Out of Sight di tahun 1998, yang mana George Clooney pertama bekerja dengan direktur Steven Soderbergh yang mana akan menjadi teman kolaborasinya yang panjang. Di tahun 1999, George Clooney mengambil peran utama dalam Three Kings sebuah set perang selama perang Gulf.

Di tahun 2001, kepopuleran George Clooney meluas dengan dirilisnya komersial terbesarnya yang sukses, komedinya Ocean’s Eleven, film trilogy pertama yang difilmkan, pembuatan ulang film 1960 dengan Frank Sinatra sebagai Danny Ocean.

George Clooney membuat debut direkturnya satu tahun setelahnya dengan film komedi mata-mata viografi berjudul Confessions of a dangerous mind dan juga mendirekturi drama sejarah Good Night, and Good Luck di tahun 2005, film komedi olah raga Leatherheads di tahun 2008, drama politik the Ides of March di tahun 2011 dan film perang The Monuments Men di tahun 2014.

George Clooney memenangkan penghargaan actor pendukung terbaik dalam ajang Academy Awards untuk film thrillernya Syriana di tahun 2005 dan selanjutnya mendapatkan nominasi actor terbaik untuk film Michael Clayton di tahun 2007 dan drama komedi Up in the Air di tahun 2009 dan the Descendants yang rilis di tahun 2011. Di tahun 2013, George Clooney menerima penghargaan Best Picture untuk produksi film Argo di ajang Academy Awards. George Clooney merupakan satu-satunya orang yang dinominasikan di enam kategori berbeda dalam ajang Academy Awards.

Di tahun 2009, George Clooney dimasukkan ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia. George Clooney juga dicatat karena aktivitas politiknya dan menjabat sebagai satu dari United Nation Messengers of Peace sejak 31 Januari 2008. George Clooney juga terlibat di aktivitas keamnusiaan seperti Tsunami dan lain-lain. George Clooney anggota dari dewan di hubungan luar negeri.

Baca juga : Johnny Depp, Seorang Seniman Amerika

Loading…

One thought on “George Clooney, Seorang Aktor Amerika

  1. Pingback: Leonardo DiCaprio, Seorang Aktor Amerika | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *