Hal-hal Sederhana Melestarikan Hutan

Hal-hal Sederhana Melestarikan HutanHutan merupakan paru-paru dunia yang mempunyai peranan sangat penting. Apa yang akan terjadi jika semua hutan di Indonesia sudah dibabat habis tanpa sisa? Bisa-bisa negara ini menjadi gurun pasir dan bukan lagi menjadi zamrud khatulistiwa.

Untitled

Hewan-hewan mati, tumbuhan tidak lagi hidup, dan Anda serta semua orang di Indonesia terpaksa hidup bagaikan di gurun.

Cara sederhana melestarikan

Banyak cara yang didengungkan pemerintah untuk melestarikan hutan, seperti reboisasi, tebang pilih, larangan menebang hutan, dll. Namun cara-cara ini bagi masyarakat biasa tidak efektif, lantaran hal seperti penebangan hutan bukanlah hal yang biasa dilihat di kehidupan sehari-hari. Jadi meski pemerintah menggalakkan program ini, masyarakat hanya bisa merespon dengan setuju, atau maksimal melakukan donasi dan menandatangani petisi untuk penghijauan. Hal-hal terbatas yang tidak terlalu kelihatan hasilnya.

Namun jika Anda sudah melakukan hal seperti donasi atau petisi, sebenarnya hal sederhana itu sudah termasuk membantu. Inilah hal-hal lain yang bisa Anda lakukan, seberapa pun kecilnya:

  • Sebagai konsumen

Anda berhak untuk memutuskan mana barang yang Anda beli. Karena itu, lihatlah label ketika membeli kosmetik, mebel, dan kertas, dan pastikan bahwa bahan di dalamnya tidak merusak hutan.

  • Jangan buang puntung rokok

Sudah sering terjadi kebakaran hutan ketika ada wisatawan yang membuang puntung rokok sembarangan tanpa mematikannya dahulu.

  • Aktif bersuara di media sosial

Anda tentu mempunyai akun sosial media, bukan? Seringlah berbagi informasi kepada teman dan keluarga, dan ikut petisi yang membantu kelestarian hutan.

  • Jadi sukarelawan

Ada banyak kelompok aktivis yang melakukan gerakan untuk pelestarian hutan, Anda bisa bergabung dengan mereka, terutama jika Anda mempunyai banyak waktu luang.

Produk yang sebaiknya dikurangi

Selain hal di atas, sebenarnya ada banyak produk yang menggunakan produk dari hutan secara berlebihan, dan jika Anda bisa menghemat dalam menggunakannya, Anda bisa sangat membantu menyelamatkan hutan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kertas

Tahukah Anda bahwa satu ton kertas printer membutuhkan 24 pohon utuh? Penggunaan kertas yang berlebihan tidak akan seimbang dengan kecepatan tumbuhnya pohon yang baru.

  • Daging

Tempat untuk beternak banyak yang tadinya adalah hutan rimba. Semakin luas peternakan, semakin banyak pula pohon yang dikorbankan.

  • Kayu

Hal yang paling jelas adalah tentu saja produk kayu. Kayu yang berasal dari hutan Indonesia sangatlah banyak, dan tingkat permintaan tinggi membuat penggundulan hutan semakin parah.

Membantu pelestarian hutan memang tidak mudah. Masalah tersebut bisa dibilang terlihat sangat jauh dari kehidupan sehari-hari, meskipun pada kenyataannya Anda sering menggunakan produk dari hutan tersebut setiap saat.

Namun kelestarian hutan harus tetap dijaga, setidaknya untuk generasi selanjutnya. Anda sudah melihat sendiri bagaimana seringnya banjir di daerah yang sebelumnya belum pernah mengalaminya karena penggundulan hutan. Jika terus berlangsung, di tahun 2020, 90% hutan tidak akan terselamatkan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *