Hal-hal yang Menyebabkan Tanah Longsor

Hal-hal yang Menyebabkan Tanah Longsor – Tanah longsor merupakan salah satu fenomena alam yang paling sering terjadi hampir di semua wilayah di Negara kita tercinta. Setiap tahun ada saja kejadian tanah longsor di beberapa daerah. Tanah longsor terjadi ketika sejumlah tanah berpindah dari tempat yang tinggi menuju tempat yang lebih rendah. Fenomena ini dianggap sebagai bencana karena tak hanya mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar lokasi tersebut, tapi tanah longsor juga sudah menelan banyak korban berikut dengan harta benda yang ada. Tanah longsor seringkali terjadi di wilayah perbukitan dan pegunungan dengan kondisi dataran yang terjal.

longsor5

Karena tanah longsor dapat terjadi kapan saja, kita harus tetap waspada dan mencari tahu apa saja penyebab terjadinya longsor tersebut untuk mengambil langkah antisipasi yang tepat. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya tanah longsor, antara lain:

1. Kondisi tanah.

Kondisi tanah yang licin dan tipis atau jenisnya latosol akan lebih mudah

2. longsor.

Pengaruh intensitas curah hujan yang tinggi menjadi faktor penyebab tanah

3. longsor yang sering terjadi.

Adanya aktivitas tektonik atau gempa bumi juga dapat menyebabkan tanah longsor karena getaran yang ditimbulkan dapat menyebabkan pergeseran tanah sehingga terjadilah tanah longsor.

Selain beberapa faktor penyebab tanah longsor di atas, rupanya bencana tersebut juga bisa timbul karena dipengaruhi oleh tangan-tangan jahil manusia. Salah satunya yaitu melalui aktivitas illegal logging. Illegal logging merupakan penebangan hutan secara liar yang mengakibatkan keseimbangan ekosistem di dalamnya terganggu, termasuk mempengaruhi kepadatan dan kekuatan tanah karena akar-akar tanaman atau pohon yang mati tidak dapat memperkuat lapisan tanah. Secara otomatis, longsor pun bisa terjadi kapan saja.

Itulah sebabnya hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya terbukti sangat mempengaruhi satu sama lain. Tindakan ceroboh dari manusia tak bertanggung jawab terhadap lingkungan dapat menimbulkan masalah yang berakibat fatal dan merugikan berbagai pihak, termasuk manusia itu sendiri. Oleh karena itu, kesadaran dari dalam diri untuk menjaga lingkungan dan ekosistem di sekitar kita harus ditingkatkan sehingga bencana alam seperti tanah longsor tak terulang kembali karena ulah kita sendiri.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *