Hal Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Menginstall Sistem Operasi Windows

Entah karena alasan komputer mulai lamban atau laptop sudah terjangkit virus dalam jumlah besar, kebanyakan orang tidak mau repot untuk memperbaiki komputer. Cukup melakukan satu langkah mudah untuk mengembalikan komputer atau laptop kembali seperti baru, yaitu menginstall ulang sistem operasi Windows.

e 16

Setelah komputer berhasil di install ulang sistem operasi Windowsnya, now what? Jangan lupa, apabila tidak diperhatikan dengan seksama, maka bisa jadi sistem operasi Windows akan mudah terjangkit virus lagi. Baiklah, mari segera kita pelajari, hal-hal penting apa saja yang harus Anda lakukan setelah menginstall sistem operasi Windows?

  • Instal anti-virus

Langkah awal untuk menangkal serangan virus, tentunya Anda harus menginstal antivirus yang cukup ampuh. Ada banyak pilihan dan jenis anti-virus. Disarankan Anda sebaiknya  menginstal antivirus untuk program aplikasi dilengkapi anti-malware dan juga firewall dan sebagainya.

  • Instal driver

Jika komputer Anda memiliki spesifikasi perangkat khusus, umumnya akan dilengkapi CD/DVD driver bawaan ketika membeli. Agar kembali berjalan normal, cobalah untuk menginstal semua driver dari CD/DVD-nya, karena dikhawatirkan apabila menginstal dari file di komputer, bisa saja terjangkit virus lagi.

  • Instal program

Saat ini komputer Anda masih kosong dan belum ada program aplikasi. Instal program aplikasi yang vital dan benar-benar Anda butuhkan, agar komputer tidak terbebani dengan program aplikasi terlalu berlebihan.

  • Setting ulang komputer/laptop

Setelah menginstal ulang komputer atau laptop, pengaturan yang ada di perangkat pun akan kembali seperti pada saat baru membeli. Atur kembali setting yang Anda butuhkan. Sebagai contoh pemilihan wallpaper, ikon, start-up, jaringan untuk koneksi dan sebagainya.

Baca Artikel Lainnya :

Sudah banyak aplikasi pembersih sampah yang bisa Anda manfaatkan. Cukup instal program aplikasi pembersih sampah, jalankan, maka file-file sampah atau file yang bersifat membebani komputer dapat dibersihkan.

  • Defragment drive 

Defragment drive ini adalah salah satu langkah penting yang mudah dilupakan oleh pengguna komputer maupun laptop berbasis sistem operasi windows. Jangan lupa setelah menginstall sistem operasi windows, gunakan defragment drive agar file-file kembali rapi.

Selamat mencoba.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

3 thoughts on “Hal Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Menginstall Sistem Operasi Windows

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *