Hal yang harus diperhatikan sebelum meminjam uang di bank

Meminjam uang di bank bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan dan perlu pertimbangan yang matang sebelum dilakukan. Banyak aturan – aturan di bank yang perlu kita cermati terlebih dahulu sehingga peminjaman tidak akan bersifat mubazir dan malah merugikan kita sendiri.

h 36

Meminjam uang memang bisa menjadi alternatif untuk keluar dari masalah keuangan, tetapi hal ini sangat tidak dianjurkan karena menumbuhkan hutang dimana – mana pasti akan menimbulkan masalah.

Jika meminjam uang di bank tentunya ada bunga saat pengembaliannya. Di beberapa bank umum yang kita kenal memang menyediakan jasa untuk meminjamkan uang atau sistem kredit.

Ada dua jenis sistem kredit yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum meminjam uang di bank.

  1. Tentukan tujuan meminjam uang. Tentukan hal apa yang memang perlu dilakukan sehingga membuthkan pinjaman uang. Pinjaman uang yang diberikan oleh bank adalah pinjaman uang untuk modal kerja dan barulah diberi kepercayaan oleh bank.
  2. Lulus syarat kelayakan pinjaman pribadi. Beberapa bank di Indonesia mempunyai syarat – syarat terntentu sebelum bisa melakukan pinjaman uang ke bank. Yang jelas sudah harus berpenghasilan dan menyetujui ketentuan aturan yang diberlakukan oleh bank yang bersangkutan.
  3. Pilih jenis kredit yang anda butuhkan. Tentukan kebutuhan anda dan sesuaikan dengan jenis kredit yang anda butuhkan. Ada beberapa jenis kredit yaitu kredit berdasarkan tujuan dari pembiayaan. Kredit ini diperuntukkan sebagai modal kerja. Kemudian ada kredit berdasarkan jangka waktunya. Kredit ini menganut hitungan waktu pelunasan dari nominal uang yang harus lunas di waktu tertentu. Peminjam harus membayar uang pinjaman sesuai tempo dan jika tidak akan dikenakan sanksi sesuai perjanjian yang sudah disepakati. Dan yang terakhir adalah kredit dalam bentuk non tunai, kredit ini diberikan dalam bentuk garansi.
  4. Sesuaikan dengan kemampuan anda membayar angsuran. Jangan terlalu berlebihan saat meminjam uang di bank. Sesuaikan dengan kemampuan anda sekiranya kapan bisa melunasi kredit tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *