Hal yang membatalkan dan mengurangi pahala puasa

Walaupun puasa wajib muslim dilewati bulan Ramadhan. Namun bisa saja berpuasa diluar bulan yang penuh berkah tersebut. puasa merupakan kegiatan menunda makan dan minum serta menjaga emosi untuk meraih pahala terbaik.

Dan juga ikut merasakan penderitaan banyak orang yang tidak dapat makan dan minum dengan baik seperti kita. Sehingga dengan begitu rasa toleransi terhadap akan tinggi.

s 78

Namun ada hal lain yang dinyatakan dapat mengurangi dan juga membatalkan puasa

  1. Mengucapkan hal yang tidak bermanfaat

Siapa bilang bawa banyak berbicara pada puasa bukan hal yang diperhatikan. Berkata hal yang tidak bermanfaat atau yang tidak perlu diucapkan pada puasa atau disebut Laghwu.

Selain itu ketika berpuasa anda juga harus menjaga ucapan sehingga tidak boleh berkata kasar dan melakukan perdebatan yang memicu pertikaian. Hal ini bisa saja mengurangi pahala bahkan membatalkan puasa.

  1. Berdusta

Jika tadi ada kata yang tidak boleh diucapkan, sekarang mengucapkan hal yang dianggap dusta atau berbohong.

Tentu saja selain puasa saja hal ini dilarang karena berdosa apalagi ketika bulan puasa atau menjalankan ibadah puasa maka berdusta dapat membuat puasa berkurang bahkan batal. Hal ini harus dilanggar dan diusahakan jangan melakukan hal tersebut.

  1. Bersentuhan atau berhubungan intim dengan lawan jenis

Baik disengaja atau tidak bersentuhan dan berhubungan dengan lawan jenis yang belum atau bukan muhrim tentu akan membatalkan puasa. Bukan lagi mengurangi pahala puasa.

Hal seperti ini harus dihindari karena menyangkut nafsu yang seharusnya dikendalikan oleh setiap muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Selain itu hal ini memang dilarang walaupun sedang tidak menjalankan ibadah puasa.

  1. Menghasut atau mengadu domba

Terakhir anda melakukan hal yang menghasut atau mengadu domba. Karena walaupun tidak berpuasapun hal ini akan berdosa, tentu saja ketika berpuasa kedua kegiatan diatas akan membatalkan puasa bahkan menambah dosa.

Baca Artikel Lainnya :

Harus dihilangkan sifat dan perilaku tersebut sehingga puasa bisa saja membantu anda dalam mengintrospeksi diri dan juga membuat iman kita semakin baik lagi.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *