Hal Yang Wajib Anda Ketahui Tentang Diabetes Gestational pada Ibu Hamil

Diabetes Gestational merupakan salah satu tipe diabetes mellitus yang dialami oleh perempuan. Perempuan yang sebelumnya tidak pernah menderita diabetes, mengalami kadar glukosa yang tinggi dalam darah pada saat kehamilan. Diabetes ini sebenarnya akan pulih ketika melahirkan.

s 75

Berikut ini beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang Diabetes Gestational pada ibu hamil.

  1. Diabetes ini hanya menyerang 4% dari wanita hamil yang ada di dunia.
  2. Gejala yang mungkin timbul antara lain:
  • Berat badan menurun, walaupun nafsu makan meningkat
  • Padangan sering kabur
  • Sering mengalami kelelahan dan mual hingga muntah
  • Sering merasa kehausan dan buang air kecil
  • Sering mengalami infeksi pada kulit dan vagina
  1. Biasanya diabetes gestational tidak menimbulkan gejala pada ibu hamil. Oleh karena itu butuh tes dan screening untuk mengetahui apakah ibu hamil menderita diabetes ini atau tidak.
  2. Operasi bisa dilakukan bila janin sudah dalam bahaya.
  3. Jika tidak ditangani lebih lanjut, diabetes ini memiliki resiko yang cukup parah.
  4. Menyebabkan kelahiran giant baby. Karena menerima pasokan glukosa yang tinggi, maka glukosa tersebut akan diubah menjadi lemak yang kemudian menimbulkan tubuh bayi yang semakin besar dan besar. Jika hal ini tidak ditangani, maka bayi akan mengalami obesitas walaupun masih dalam kandungan.
  5. Menyebabkan pertumbuhan bayi terhambat ketika sudah dilahirkan.
  6. Bayi memiliki resiko 3 x lebih besar mengalami cacat bawaan.
  7. Menimbulkan kematian mendadak dalam kandungan. Hal ini dikarenakan kadar oksigen dalam darah rendah karena glukosa dalam darah tidak terkontrol.
  8. Diabetes ini bersifat temporer, artinya ketika ibu hamil sudah melahirkan, maka kadar glukosanya akan kembali normal.
  9. Menjaga pola makan yang sehat dan melakukan senam kehamilan merupakan salah satu cara pencegahan yang dapat dilakukan.
  10. Bila Anda merasa khawatir, Anda dapat memeriksakan janin secara rutin meliputi memeriksa ukuran dan kesehatan janin.

Baca Artikel Lainnya :

Diabetes gestational memang memiliki resiko yang cukup besar jika tidak ditangani dengan baik, maka dari itu mulailah untuk menjaga kandungan Anda sedini mungkin agar terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *