Hama pada Tanaman Lombok

Hama pada Tanaman Lombok – Lombok merupakan salah satu tanaman yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan di musim tertentu tanaman ini laku dalam harga yang tinggi.

ss

Atas dasar banyaknya konsumsi lombok, membuat para petani lombok pun tak pernah berhenti untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Asalkan pada pertanian tersebut diimbangi dengan langkah dan juga pengelolaan yang kondusif. Hal ini pun bertujuan untuk menghandle penanaman lombok yang membutuhkan perawatan yang relative lebih sabar. Terutama dalam menghadapi sekaligus memberantas aneka hama dan penyakit yang mana dapat menyebabkan beberapa tanaman tersebut tidak dapat dipanen. Masalah tersebut ialah disebabkan oleh beberapa hama dan penyakit berikut ini:

Hama ulat

Seperti yang kita ketahui bahwa hampir di setiap tanaman mempunyai musuh dan hama yang berbeda-beda. Pada hama ulat ini, berukuran relative kecil, tetapi serangannya sangat buruk, yaitu menjadikan daun-daun lombok menjadi berlubang. Bahkan dapat mengganggu proses fotosintesisnya. Bisa mengakibatkan tangkainya habis dan ludes oleh ulat-ulat tersebut. Untuk itu, Anda bisa mengambil beberapa tindakan sebagai langkah pemberantasannya, seperti:

  • Memunguti ataupun mengambil ulat-ulat tersebut, tapi lakukanlah di sore hari, karena pada saat tersebut, ulat ini banyak yang berkeliaran.
  • Tambahkan semprotan dari pestisida dan esok harinya berilah pupuk alami seperti kompos ataupun pupuk kandang.

Hama kutu daun

Kutu ini merupakan salah satu hama yang menyerang dengan cara menghisap cairan pada daun itu sendiri, sehingga membuat daun menjadi keriting. Akibat lainnya ialah daun-daun tersebut pun bisa berwarna gelap akibat virus yang dibawa olehnya. Solusi yang tepat untuk masalah ini ialah dengan:

  • Memetik atau mengambil daun yang keriting dan juga yang terserang oleh virus tersebut. Bila semua tanaman telah terserang, segera pangkas hingga akarnya. Lalu kumpulkan jadi satu dan di bakar, agar tidak menyerang ataupun menular kepada tanaman lain yang sehat.
  • Memberikan semprotan pestisida di waktu sore hari, terutama pada bagian daun dari atas ataupun dari bawah.

Hama tungau

Hama yang satu ini lebih didominasi oleh tungau merah dan kuning, yang dapat menyebabkan daun menjadi kering, terkadang tebal dan juga kaku. Sehingga, menjadikan proses pertumbuhan lebih terhambat, begitu juga dengan panen lombok yang kurang maksimal. Cara mengatasi hal ini ialah:

  • Segera mencabut semua tanaman yang telah terserang oleh hama tersebut, karena satu saja yang telah terinveksi, maka yang lainnya akan tertular.
  • Memberikan obat anti tungau atau yang disebut dengan akarisida yang berfungsi untuk membasmi hama tersebut beserta racun-racun yang dibawanya.

Beberapa hama tersebut bila tidak segera diatasi dapat mengakibatkan panen tak sempurna, bahkan bisa menyebabkan gagal panen. Untuk itu, Anda harus lebih siap dan gesit untuk melakukan beberapa pencegahan sebelum hama dan penyakit tersebut menyerangnya. Upaya pencegahan tersebut terletak pada perawatan yang rutin di waktu pagi dan sore hari.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

4 thoughts on “Hama pada Tanaman Lombok

  1. Pingback: Aneka Hama atau Penyakit pada Tanaman dan Cara Mengatasinya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Tanaman | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  3. Pingback: Mengenal Hama Tanaman Padi dan Pengendaliannya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  4. Pingback: Jenis Hama dan Cara Pengendalian Tanaman Cabai | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *