Hati-hati Jajanan Tidak Sehat! Ini Cirinya

Hati-hati Jajanan Tidak Sehat! Ini Cirinya – Siapa sih yang tak suka jajanan? Dari anak-anak,dewasa,hingga tua pun pasti suka dengan yang namanya jajanan. Mulai dari jajanan manis, gorengan, ataupun gurih semuanya punya penggemarnya masing-masing.

Untitled

Sayangnya, saat ini banyak penjual curang yang menambahkan zat berbahaya dalam jajanan-jajanan itu agar lebih memikat pembeli. Berikut adalah ciri-ciri dari jajanan yang tidak sehat.

Warna mencolok

Menurut penelitian,makanan dengan warna mencolok akan membuat kita ingin memakanya. Namun berhati-hatilah. Sekarang tidak semua makanan yang memiliki warna mencolok aman.

Banyak pedagang nakal diluar sana yang sengaja menggunakan pewarna tekstil untuk makanan daganganya. Padahal pewarna tekstil adalah zat kimia berbahaya untuk member warna pada pakaian.Jadi,jangan mudah tertarik dengan makanan yang punya warna yang lucu ya.

Aroma tidak biasa

Anda juga perlu curiga apabila jajanan itu memiliki aroma yang aneh. Biasanya,jajanan yang dicampuri oleh zat berbahaya akan beraroma obat yang sangat kuat. Walau tidak semua jajanan bisa dideteksi dari aromanya,paling tidak anda bisa lebih waspada.

Rasa terlalu kuat

Cicipi dulu sedikit bila anda membeli suatu jajanan. Dengan mencicipi,anda bisa tahu apakah jajanan itu mengandung zat berbahaya atau tidak. Jajanan aman dengan jajanan berbahaya bisa dirasakan kok.

Bila jajanan itu dicampuri zat berbahaya,maka rasanya akan lebih kuat dan terasa seperti ada tambahan obat. Sebaliknya,jika jajanan itu aman rasanya akan biasa dan tidak terlalu kuat.

Banyak dikerubuti lalat

Lihatlah dimana anda membeli jajan.Apa tempatnya bersih? Bebas dari debu dan lalat? Jika tidak,sudah pasti jajanan itu tidak sehat. Apalagi yang banyak dihinggapi lalat. Lalat bisa membawa banyak bibit penyakit yang bisa menyebabkan diare. Jadi,sebelum membeli jajanan lihatlah dulu lingkungan sekitar tempat jajanan itu dijual ya.

Tekstur terlalu keras atau lembut

Ciri yang satu ini sangat mudah dideteksi. Melalui tekstur kita bisa tahu apakan makanan itu sehat atau tidak. Bila tekstur makanan itu keras,bisa dipastikan makanan itu mengandung boraks atau formalin.

Ya walaupun tak semua makanan yang bertekstur keras mengandung boraks. Bila makanan itu empuk dan normal maka makanan itu dipastikan aman.

Pintar-pintarlah memilih jajanan. Harga murah tidak menjamin. Pilihlah makanan yang sehat dan bebas kuman.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *