Henry Dunant, Tokoh Perdamaian Dunia

Biografi Henry Dunant, Tokoh Perdamaian Dunia – Pemilik nama Jean Henry Dunant ini lebih dikenal dengan nama Henry Dunant. Henry Dunant dilahirkan pada tanggal 8 Mei 1828 di Geneva, Switzerland. Henry Dunant merupakan anak pertama dari pengusaha Jean-Jacques Dunant dan Antoinette Dunant-Colladon.dunant

Henry Dunant merupakan pendiri Palang Merah dan orang pertama yang mendapatkan nobel perdamaian di dunia. Terjadinya Konvensi Jenewa berdasarkan ide-ide dari Henry Dunant.

Henry Dunant merupakan seorang pengusaha Swiss dan aktivis social. Selama perjalanan bisnisnya di tahun 1859, Henry Dunant menyaksikan banyaknya korban yang terluka akibat pertempuran Solferino di Italia. Henry Dunant merekam ingatannya dan pengalamannya dalam bukunya yang berjudul A memory of Solferino yang menjadi inspirasi pembuatan atau pendirian ICRC (Komite internasional palang merah) di tahun 1863.

Cerita dimulai ketika Henry Dunant tiba di Solferino pada tanggal 24 Juni 1859 pada hari yang sama terjadinya peperangan. 23000 orang terluka dan meninggal di tempat peperangan dan disana hanya ada sedikit yang merawat. Melihat keadaan tersebut, Henry Dunant mengambil inisiatif untuk mengatur warga sipil terutama ibu-ibu dan perempuan untuk membatu merawat prajurit yang terluka dan sakit.

Setelah kembali ke Geneva di awal bulan Juli, Henry Dunant memutuskan menulis sebuah buku mengenai pengalamannya tersebut yang dia beri judul Un Souvenir de Solferino atau sebuah ingatan Solferino. Buku ini dipublikasi pada tahun 1862 dengan uang Henry Dunant sendiri. Henry Dunant mendistribusikan buku ini kebanyak tokoh pemimpin politik dan militer di Eropa.

Henry Dunant juga memulai perjalanannya keliling Eropa untuk mempromosikan idenya dan banyak yang menerima idenya. Akhirnya Gustave Moynier mensugestikan topic dalam buku tersebut dalam rapat organisasi Geneva Society fot Public Walfare pada tanggal 9 Februari 1863. Dibentuklah komite untuk dilakukan pertemuan pada tanggal 17 februari 1863 dan pada tanggal tersebut dianggap sebagai hari berdirinya komite internasional palang merah.

Dari beberapa penghargaan yang didapatkan Henry Dunant, pada tahun 1903 Henry Dunant diberikan gelar doctor kehormatan oleh fakultas kedokteran dari University of Heidelberg. Henry Dunant tinggal di ruang perawatan di Heiden sampai kematiannya. Di tahun akhir tahun hidupnya, Henry Dunant menderita depresi dan paranoia.

Sesuai harapannya, Henry Dunant dimakamkan tanpa upacara di pemakaman Sihlfeld di Zurich. Di dalam wasiatnya, Henry Dunant mendonasikan sebagian uangnya untuk memberikan tempat tidur di rumah perawatan Heiden sehingga dapat terus tersedia untuk warga yang kurang mampu dan sebagian uang lagi Henry Dunant berikan kepada teman-temannya dan organisasi social di Norwegia dan Switzerland. Sisa uangnya diberikan ke kreditor untuk melunasi sebagian utangnya, ketidakmampuan melunasi semua hutangnya menjadi beban terbesarnya hingga kematiannya.

Hari kelahirannya pada tanggal 8 Mei diperingati sebagai hari palang merah dan bulan sabit merah dunia. Tempat dimana dia dirawat sebelumnya Heiden sekarang menjadi Henry Dunant Museum. Di Geneva dan tempat lainnya terdapat beberapa jalan, lapangan dan sekolah yang diberi nama menggunakan nama Henry Dunant. Medali Henry Dunant, merupakan penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali oleh komisi pergerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional.

Baca juga : Kofi Annan, Mantan Perdana Menteri Ke 7 PBB

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *