Hilangkan Rasa Takut Saat Persalinan, Rasa Takut Hanya Akan Membuat Proses Persalinan Menjadi Lama

Bagi ibu hamil, proses persalinan yang semakin dekat kadang membuat perasaan cemas. Ibu pasti memikirkan tentang rasa sakit yang akan dihadapi, kemudian energi yang luar biasa untuk melahirkan, serta takut bayi terlahir tidak sehat dan sebagainya.

Memang wajar rasa takut muncul, akan tetapi sebenarnya hal ini malah akan membuat proses persalinan menjadi lebih lama.

j 81

Penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Obstetrics and Gynaecology, yang kemudian di publikasiskan tanggal 27 Juni 2012, mengungkapkan ibu hamil yang memiliki rasa takut tentang persalinan, akan mengalami proses persalinan yang lebih lama dibandingkan dengan ibu hamil yang lebih tenang.

Riset tersebut dilakukan di Norwegia, yang kemudian menemukan ibu hamil yang takut, akan menghabiskan waktu persalinan selama setengah jam sampai satu jam. Hal ini lebih lama daripada ibu hamil yang melahirkan dengan kondisi yang lebih rileks.

Operasi caesar dan peralatan yang membantu persalinan akan lebih diperlukan untuk ibu hamil yang takut dengan proses persalinan. Hasil riset menunjukkan 89% proses persalinan normal berjalan pada ibu yang takut saat persalinan, sedangkan 93% ditemukan pada ibu yang tidak takut.

Riset tersebut dilakukan pada 2.200 ibu hamil dan setengahnya merupakan ibu yang baru pertama kali hamil.

Baca Artikel Lainnya :

Cobalah untuk menghindari rasa takut yang ada di dalam pikiran ibu. Anda bisa menghilangkan rasa takut tersebut dengan membayangkan indahnya wajah bayi anda saat menangis dan lahir ke dunia hingga berada dalam pelukan anda.

Berpikirlah positif bahwa ibu akan melahirkan dengan normal dan selamat. Jangan sampai rasa takut malah menghambat proses persalinan anda.

Buatlah suasanya yang nyaman dan rileks untuk mebantu anda menghilangkan rasa takut. Kemudian persiapan akan membantu anda menghilangkan pemikiran yang buruk saat persalinan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *