HIV : Penyakit Mematikan dan Pencegahannya

HIV : Penyakit Mematikan dan Pencegahannya – Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap infeksi. HIV juga memicu penyakit AIDS loh guys, penyakit yang paling mematikan di dunia.

1

Seseorang yang menderita penyakit ini memiliki peluang hidup yang sangat rendah. Orang yang sudah terinfeksi virus ini hanya bisa bertahan hidup selama 9-11 tahun dan bergantung tipenya.

Baca Juga :

HIV berperan dalam mebunuh sel penting yang bekerja dalam sistem imun kita, salah satunya adalah Sel T pembantu dan Makrofaga yang membuat si penderita menjadi rentan terhadap penyakit.

Jika kita ibaratkan dengan sebuah hunian, rumah yang dijaga petugas keamanan akan memiliki resiko yang rendah terhadap aktivitas criminal dibandingkan dengan yang tidak. Begitu pula dengan tubuh kita. Hilangnya sistem kekebalan tubuh membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap serangan penyakit lainnya.

Cara mendeteksi HIV

Cara paling awal dalam memeriksa apakah seseorang menderita hIV adalah dengan pemeriksaan darah, walaupun memang secara fisik tidak terlihat karena HIV menurunkan kandungan sel darah putih yang menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

Ciri yang kedua adalah terdapat tanda fisik, seperti perubahan pada kulit, gatal-gatal, dan flu. Stelah itu diikuti dengan turunnya berat badan dan TBC. Tahap terakhir biasanya penderita telah mengalami komplikasi dan diikuti dengan kematian.

Cara yang paling ampuh untuk mendeteksi HIV adalah tes antibodi HIV. Pada dasarnya tubuh kita akan membangun sistem pertahanan tubuh jika ada benda asing yang masuk ke tubuh kita. Jika seseorang terkena HIV, maka tubuh secara otomatis akan menghasilkan antibodi untuk melawan HIV.

Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel darah, saliva, maupun urin. Sejak tahun 2002, telah dikembangkan metode praktis untuk pengujian cepat antibodi HIV dari tetesan darah atau saliva. Alat tersebut seperti tes uji kehamilan dengan kepingan pita yang ditambahkan dengan larutan tertentu. Hasil positif didapat ketika warna pita berubah menjadi ungu kemerahan. Metode ini memiliki tingkat keakuratan mencapai 99.6% walaupun harus tetap dibuktikan dengan metode lain yang lebih valid.

Cara penularan dan pencegahannya

HIV ditularkan melalui cairan tubuh seperti darah, semen, dan ASI. Sebagian besar penderita HIV terjangkit akibat melakukan seks bebas. Data WHO menyebutkan bahwa sebanyak 70-80% penularan HIV disebabkan oleh hubungan heteroseksual, dan 5% disebabkan oleh perilaku homoseksual.

Berganti-ganti pasnagan dalam hubungan seks beresiko tinggi dalam penularan penyakit ini. Selain itu, penderita penyakit kelamin lainnya seperti sifilis, herpes, dsb. memiliki resiko yang lebih tinggi dalam menularkan HIV. Cara mencegah penularan HIV dari hubungan seks adalah dengan memakai kondom maupun menggunakan terapi anti-retrovial.

Selain itu, HIV dapat juga diturunkan  dari ibu ke anak. Ibu yang menderita HIV yang menyusui anaknya menyebabkan si anak beresiko tinggi menderita HIV. Hal ini diakibatkan rendahnya sistem imun si ibu dan tingginya kandungan RNA virus HIV.

Untuk mencegahnya, hindari memberikan ASI kepada anak dari ibu yang menderita HIV dan pemberian AZT pada masa akhir kehamilan dan setelah kelahiran bayi. Virus ini juga dapat disebabkan oleh penggunaan jarum suntik yang berulang-ulang dan yang telah terkontaminasi virus HIV. Untuk itu, hindari melakukan alat suntik yang berulang dan pastikan bahwa alat suntik yang dipakai steril dan bersih.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “HIV : Penyakit Mematikan dan Pencegahannya

  1. Pingback: Mencegah Kanker Secara Murah dengan Olahraga | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *