Hobi Menulis? Ini Cara Agar Tulisan Anda Jadi Uang!

Setiap orang pasti memiliki hobi masing-masing. Ada beberapa orang yang lebih suka melakukan hobi dengan beraktivitas di luar ruangan seperti travelling, olahraga dan touring. Ada orang yang memiliki hobi yang berhubungan dengan musik, sastra, memasak dan masih banyak lagi. Ada juga orang yang memiliki hobi menulis. Baik penulis sastra atau bukan. Menjadi penulis tidaklah mudah, khususnya menjadi penulis sastra. Ada kaidah-kaidah tertentu yang harus diikuti.

fia 96Pun menjadi seorang penulis non sastra. Ada banyak hal yang diperlukan sebagai seorang penulis, seperti:

  1. Wawasan yang luas.
  2. Pemahaman mengenai ejaan yang benar jika di Indonesia berarti harus paham ejaan yang disempurnakan atau EYD.
  3. Tidak melihat masalah hanya dari sudut pandang saja, meskipun mengemukakan pendapat diperbolehkan tetapi lebih baik jika pendapat ini didukung dengan data dan fakta yang memadai.
  4. Mampu untuk melakukan analisa mendalam sebelum menulis sesuatu, dengan kata lain semangat belajar harus selalu dipupuk agar Anda memiliki tulisan yang seiring dengan perkembangan jaman.

Setelah melihat beberapa cara menjadi penulis seperti diatas tak perlu berkecil hati. Anda tetap bisa menjadi penulis. Sebagai test atau ujiannya kenapa Anda tidak mencoba membuat blog di internet. Membuat buku tentu tidak mudah bukan? atau menulis di kertas kemudian menyebarkan ke banyak orang, pasti akan sangat merepotkan. Berbeda dengan jika Anda memiliki blog sendiri di internet.

Bukankah internet saat ini dapat dikatakan sebagai urat nadi kehidupan manusia di bumi saat ini? Anda bisa menulis apapun yang Anda inginkan dan kumpulkan sesuai kategori dan ketika tulisan Anda bermanfaat atau menarik, pasti banyak pengguna yang kemudian berkomentar dan akhirnya menjadi viral.

Lama-kelamaan Anda bisa menjadikan tulisan di blog ini sebagai sebuah buku. Ketika dijual Anda akan mendapatkan royalti dan Anda mendapatkan kesempatan di banyak hal lainnya. Sebut saja Raditya Dika dengan novel-novel konyolnya, diawali dari tulisan di blog kemudian menjadi buku dan akhirnya menjadi film. The naked traveler karya Trinity, dimulai dari traveler blog, menjadi buku dan Trinity menjadi traveler yang dibayar. Menyenangkan bukan? tapi kesamaan dari blog ini adalah mereka menulis tema yang sama.

Jika Anda masih dalam taraf belajar dan menulis berdasarkan mood dan apapun ide yang sedang melintas, maka memang menjadikan blog ini sebuah buku agak panjang jalannya. Tapi tahukah Anda jika blog ini masih bisa menghasilkan uang? Iya, jika Anda memposting suatu tulisan yang menarik, informatif dan sedang trend atau dicari banyak orang, maka pengunjung akan banyak berdatangan di blog Anda. Akan semakin ramai jika Anda saling meninggalkan pesan di kolom komentar dengan pemberi komentar yang berkunjung di blog. Karena dengan demikian blog Anda akan semakin dikenal orang.

Hal ini akan menarik para pemasang iklan untuk memasang iklannya di blog Anda dan Anda akan mendapatkan kompensasi tertentu yang biasanya dibayar melalui dollar. Bayangkan nilainya jika ada banyak pengunjung, berapa banyak iklan terpasang dan berapa banyak dollar Anda terima.

Tapi tentu tulisan di blog ini haruslah mengandung informasi atau kata-kata yang sering diketik orang di mesin pencari khususnya Google. Karena jika tidak akan percuma, sebagus apapun tulisan Anda orang tidak akan mengenali. Satu lagi, meskipun media yang Anda gunakan adalah blog, buatlah desain yang sederhana sehingga orang nyaman dan tentunya gunakan domain berbayar dan bukan gratis.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

2 thoughts on “Hobi Menulis? Ini Cara Agar Tulisan Anda Jadi Uang!

    1. Mas Joko

      Sebenarnya menulis yang baik itu sesuai dengan kemampuan dan fashion kita, yang membuat saya seperti ini yaitu fashion, sesuai pengalaman.. hehe..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *