Hormon Estrogen, Mencegah Serangan Jantung pada Wanita

Hormon Estrogen, Mencegah Serangan Jantung pada Wanita – Penyakit jantung merupakan hal yang menakutkan.

Sebagai salah satu Penyakit paling mematikan di dunia, jantung menyerang seseorang dengan mendadak dan jika tidak segera ditangani, akan menimbulkan kematian bagi penderitanya.

aa

Jantung umumnya menyerang seseorang dengan pola hidup yang buruk. Seringnya memakan makanan dengan kandungan kolesterol tinggi, lingkungan yang buruk, apalagi ditambah dengan mengonsumsi rokok dan minuman beralkohol, akan menyebabkan tingginya resiko seseorang terserang penyakit ini.

Jantung merupakan penyakit yang disebabkan tersumbatnya pembuluh darah koroner yang merupakan saluran tempat jantung mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Salah satunya adalah kolestrol yang menyumbat pembuluh darah, maupun pecahnya pembuluh darah akibat hilangnya kelenturan pembuluh darah koroner.

Hipertensi juga salah satu penyebab timbulnya serangan jantung. Hipertensi yang tinggi disertai dengan hilangnya kelenturan pembuluh darah koroner akibat termakan usia merupakan kombinasi yang tepat dalam memunculkan penyakit jantung.

Itulah yang menyebabkan mengapa usia lanjut, resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan usia muda. Akan tetapi, hal tersebut dapat diatasi dengan tetap menjaga pola makan serta olahraga secara rutin.

Akan tetapi tahukah kamu bahwa pria lebih rentan terserang penyakit jantung dibandingkan wanita ? Itulah fakta yang belum banyak kita ketahui.

Hal tersebut terjadi akibat adanya perbedaan sistem hormon pada wanita dan pria. Kuncinya adalah pada hormon estrogen, yang hanya diproduksi pada kelenjar hormonal wanita.

Hormon estrogen adalah hormon yang berfungsi dalam pembentukan sel telur pada wanita. Selama wanita belum mengalami menopause, wanita akan terus memproduksi hormon tersebut. Lalu pasti kita bertanya-tanya apa hubungannya antara hormon estrogen dengan kemampuannya mencegah kanker ?

Hormon estrogen selain berperan dalam siklus mennstruasi wanita, juga berfungsi menjaga kelenturan pembuluh darah.

Dengan lenturnya pembuluh darah, resiko wanita terserang penyakit jantung menjadi lebih rendah.

Hal ini dikarenakan pembuluh darah koroner semakin terhindar dari penyempitan dan pecahnya pembuluh darah.

Untuk itu, resiko terkena penyakit jantung pada wanita umumnya 10 tahun lebih lama dibandingkan pria. Akan tetapi setelah menopause, keduanya akan memiliki resiko yang sama.

Tapi jangan terlalu bergembira, wanita pun akan mengalami resiko tinggi terserang jantung jika tidak mampu menjaga pola hidupnya.

Wanita dengan pola makan yang tidak baik diikuti dengan mengonsumsi makanan berkolesterol, meningkatkan resiko terserangnya penyakit ini.

Baca Artikel Lainnya :

Apalagi jika diikuti dengan kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol. Untuk itu, kuncinya adalah menjaga kesehatan dan pola hidup kamu dengan baik agar terhindar dari penyakit ini.

Semoga bermanfaat..

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *