Hubungan Bakteri Dengan Lingkungan

Hubungan Bakteri Dengan Lingkungan – Lingkungan merupakan wilayah atau area yang berada di sekitar manusia. Di dalam suatu lingkungan terdapat berbagai macam jenis bakteri dan menguntungkan dan merugikan.

Untitled

Bakteri adalah suatu kelompok organisme yang tidak mempunyai membran inti sel dan berukuran yang sangat kecil. Struktur bakteri terdiri dari inti sel/tanpa nukleus, organel dan kerangka sel. Bakteri terdapat di lingkungan sekitar misal tanah, udara, air, tubuh makhluk hidu. Faktor yang mempengaruhi perkembangan bakteri adalah suhu, pH atau derajat keasaman, konsentrasi garam, sumber nutrisi, zat kimia dan zat-zat sisa metabolisme.

Jenis bakteri

Bakteri dibedakan menjadi beberapa kelompok berdasarkan pada kebutuhan oksigen dalam proses respirasi. Pertama, bakteri aerob adalah bakteri yang menggunakan oksigen. Kedua, bakteri anaerob adalah dalam proses respirasinya tidak menggunakan oksigen bebas. Ketiga, bakteri aerob obligat adalah bakteri yang hanya dapat hidup di lingkungan yang memiliki oksigen. Keempat, bakteri anaerob obligat yang dapat hidup dalam lingkungan tanpa oksigen. Kelima, bakteri anaerob fakultatif adalah bakteri yang dapat hidup tanpa atau dengan oksigen.

Bentuk dan manfaat bakteri

Bakteri dibagi menjadi 3 sesuai dengan bentuknya yaitu bakteri kokus, bakteri basil dan bakteri spirilia. Bakteri kokus terdapat 6 jenis yaitu monokikus, diplokokus, tetrakokus, sarkina, streptokokus dan stapilokokus. Bakteri basil dibagi menjadi 3 yaitu monobasil, diplobasil dan streptobasil. Bakteru spirilia dibagi menjadi 3 yaitu spiral, spiroseta dan vibrio.

Manfaat bakteri untuk kehidupan manusia diantaranya yaitu:

  • Membantu dalam proses pembusukan atau penguraian sisa makhluk hidup misalnya Escherichia colie.
  • Membuat makanan dan minuman fermentasi misalnya Acetobacter (asam cuka), Lactobacillus bulgaricus (yogurt), Acetobacter xylinum (nata de coco) dan Lactobacillus casei (keju yogurt).
  • Pengikat nitrogen pada tanaman.
  • Penyubur tanah misalnya Nitrisomonas, Nitrobacter, Nitrococus yang mampu mengikat nitrogen bebas.
  • Penghasil antibiotik misalnya Streptomyces griseus untuk pengobatan TBC sebagai penghasil antibiotik streptomisin.
  • Pembuat zat kimia yaitu bunatol dan aseton.
  • Membantu proses pembusukan sampah dan kotoran hewan untuk mendapatkan energi alternatif metana misalnya Methanobacterium.
  • Sebagai penelitian rekayasa genetik misal di bidang kedokteran yang menghasilkan obat dan produk kimia dari sintesis bakteri.

Bakteri merugikan

Tidak hanya menguntungkan, namun bakteri yang ada di lingkungan dapat merugikan terutama untuk manusia. Bakteri yang merugikan diantaranya adalah bakteri yang dapat membusukkan makanan yaitu Clostridium botulinum.

bakteri juga dapat menyebabkan penyakit bagi manusia, tanaman dan hewan contohnya yaitu Mycobacterium tubercolosis menyebabkan penyakit TBC, Clostridium tetani menyebabkan penyakit tetanus, Bacilluc antrachis adalah bakteri yang menyebabkan penyakit antraks pada pada sapi, Pseudomonas solanacearum adalah bakteri yang menyebabkan penyakit bagi tanaman lombok, tomat dan terung, Agrobacterium Tumafaciens adalah bakteri yang menyebabkan penyakit tumor atau kanker pada tumbuhan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *