Hubungan Ekologi dengan Ilmu Ekosistem

Bumi merupakan satu-satunya planet yang dihuni oleh mahkluk hidup, tengok saja beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, maka tak ada satu pun yang ditinggali oleh mahkluk hidup yang lainnya. bahkan sampai sekarang keberadaan alien atau yang dikenal sebagai mahkluk yang tinggal di planet lainnya masih menjadi tanda tanya yang sangat besar. Dari kecukupan sinar matahari, keberadaan air, tanah dan juga oksigen memang bumi satu-satunya yang cocok sebagai tempat tinggal manusia, namun tak hanya manusia melainkan juga mahkluk hidup yang lainnya, baik itu tumbuhan maupun hewan.

1

Manusia hidup memang tak sendiri melainkan dengan mahkluk hidup yang lainnya, karena dari sini mereka bisa mendapatkan energi dan juga sumber makanan, baik itu dari tumbuhan maupun hewan, begitu juga dengan dua mahkluk hidup yang lainnya, mereka bisa hidup karena ada manusia karena ada beberapa hal yang memang saling membutuhkan dan keberadaannya tak bisa digantikan dengan yang lainnya. sudah sepantasnya jika manusia turut menjaga kelestarian lingkungannya. Ekologi sendiri merupakan salah satu cabang dari ilmu biologi yang bertugas untuk mempelajari hubungan antara manusia atau mahkluk hidup yang lain dengan lingkungannya. Dari mana mereka mendapatkan segala macam kebutuhan hidupnya dan hal seperti apa yang mereka berikan pada lingkungan tersebut.

Cabang ilmu pengetahuan biologi yang satu ini sudah banyak digunakan, namun untuk pembelajarannya sendiri masih sangat jarang, sebenarnya ada beberapa hal yang dipertanyakan dari sini, yaitu:

  1. Bagaimana alam bekerja.
  2. Bagaimana cara organisme atau spesies beradaptasi dengan lingkungannya.
  3. Apa yang diperlukan dari lingkungan agar mereka dapat menjaga kelangsungan hidupnya.
  4. Bagaimana cara mereka mencukupi kebutuhan materi dan juga energi.
  5. Bagaimana cara berinteraksi dengan spesies yang lainnya.
  6. Bagaimana mereka dapat diatur dan berfungsi sebagai populasi.

Dari sini dapat diartikan bahwa ekologi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari pola timbal balik antara mahkluk hidup dengan mahkluk hidup yang lainnya atau dengan lingkungannya.

Tak hanya sebatas hubungan antara mahkluk hidup dengan lingkungan melainkan juga hasil akhir atau timbal baliknya, mengingat jika tak ada timbal balik yang di dapatkan maka alam ini juga tak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Dalam mempelajari ekologi tersebut tentunya manusia tak akan bisa dipisahkan dari ekosistem, karena memang obyek awalnya berasal dari sana.

Dari hasil pembelajaran mengenai ekologi tersebut tentunya anda tak hanya sekedar praktek, namun tau secara langsung apa yang selama ini dilakukan dan apa dampaknya dalam kehidupan, karena pada dasarnya manusia memang tak bisa hidup sendiri maka jangan sampai anda mengesampingkan hal tersebut, menjaga lingkungan untuk hidup kita sendiri di masa yang akan datang.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *