Hukum Adzan Dan Iqomah Dalam Pandangan Islam

Hukum Adzan Dan Iqomah Dalam Pandangan Islam – Sebagai orang yang beragama islam dan hidup dilingkungan yang mayoritas beragama islam, pasti anda akan sering mendengar adzan dan iqomah.

Paling tidak setiap hari anda akan mendengar adzan dan iqomah sebanyak lima kali setiap hendak masuk waktu sholat.

hukum adzan

Fungsi adzan dan iqomah yang dijadikan sebagai pertanda masuk sholat sudah ada sejak zaman Rasulullah dan berlanjut sampai sekarang.

Nah, sebenarnya apa hukum adzan dan iqomah menurut pandangan islam? Berikut penjelasannya.

Asal usul adzan dan iqomah

Adzan dan iqomah pertama kali muncul pada zama Rasullullah SAW. Saat itu Rasulullah dan sahabat sedang bermusyawarah tentang bagaimana cara memanggil orang untuk sholat. Ada beberapa sahabat yang mengusulkan dengan menggunakan lonceng dan juga seruling.

Akan tetapi Umar Bin Khattab memiliki usul yaitu menyuruh seseorang untuk memanggil orang shalat. Maka Rasulullah memerintahkan Bilal untuk berdiri dan mulai memanggil orang untuk shalat.

Lafadz adzan dan iqomah sendiri bukan berasal dari Rasulullah melainkan hasil musyawarah dengan para sahabat.

Hukum adzan dan iqomah

Hukum mengumandangkan adzan sebagai pertanda masuk sholat dan iqomah sebagai tanda bahwa sholat akan segera didirikan adalah fardhu kifayah yaitu apabila ada salah satu orang yang sudah melakukan maka gugur kewajiban yang lainnya.

Sedangkan hukum mendengarkan dan menjawab adzan adalah sunnah menurut jumhur ulama.

Adzan dan iqomah boleh dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan. Akan tetapi untuk perempuan ada pengecualian yaitu hanya boleh dilakukan jika yang berjamaah adalah perempuan semua.

Saat mengumandangkan adzan dan iqomah disunnahkan untuk menghadap kiblat sampil meletakkan dua jari di kedua telinganya.

Selain itu orang yang adzan atau muadzin juga memiliki keutamaan yaitu diampuni dosanya sejauh suaranya dan juga orang yang datang untuk sholat turut mendoakan untuk pengampunan dosanya.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah ulasan tentang hukum adan dan iqomah menurut pandangan islam. Semoga dengan membaca atikel ini, bisa meningkatkan keimanan kita kepada Allah dan kita semakin taat menjalankan ajaran agama islam.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *