Hukum Adzan Di Kuburan Dalam Pandangan Islam

Sudah menjadi kewajiban keluarga orang yang meninggal dunia, untuk mengurus segala keperluan jenazah mulai dari memandikan, mengkafani, menyolati dan juga mengubur jenazah dengan layak.

Selain itu keluarga juga berkewajiban untuk menanggung segala urusan jenazah yang belum terselesaikan selama hidupnya seperti membayar hutang dan lain-lain.

r 160

Saat menguburkan jenazah, sudah menjadi tradisi orang islam untuk mengadzani jenazah untuk yang terakhir kalinya sebelum jenazah ditutup oleh tanah. Akan tetapi apakah dasar dan hukum mengumandangkan adzan di kuburan menurut pandangan islam? Berikut penjelasannya.

Hukum mengumandangkan adzan di kuburan

Sebagian besar ulama setuju bahwa mengumandangkan adzan di kuburan adalah sebuah bid’ah hasanah yaitu merupakan hal yang baik dan tidak bisa dinafikan atau dilarang dan tidak ada larangan untuk melakukan bid’ah.

Ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa Abu Bakar As Shidiq berkata “ Bagaimana aku berbuat hal yang tidak dilakukan oleh Rasulullah..? lalu umar terus menjelaskanku bahwa hal itu merupakan kebaikan, hingga tenanglah hatiku untuk menerimanya.”

Pada dasarnya tidak ada hadits atau ayat yang sahih yang menjelaskan tetang mengumandangkan adzan di kuburan. Akan tetapi ada suatu hadits yang oleh beberapa orang dijadikan acuan sebagai dasar untuk melakukan hal tersebut yaitu hadits yang diriwayatkan oleh Ad Dailami “ Mayit masih bisa mendengar adzan selama kuburnya belum ditutupi dengan tanah.”

Manfaat atau tujuan

Mengumandangkan adzan di kuburan bukan tanpa alasan. Kebiasaan ini memberikan manfaat dan hikmah bagi yang mendengarkannya. Adzan di kuburan merupakan salah satu dari tadzir atau peringatan bagi mereka yang masih hidup untuk selalu ingat bahwa kematian itu ada dan bisa datang kapan saja.

Selain itu adzan di kuburan juga membuat suasana pemakaman menjadi khusyuk dan tenang sehingga acara pemakaman bisa berjalan dengan lancar dan cepat. Hal ini karena sudah menjadi kewajiban keluarga dan menjadi hak mayit untuk menyegerakan penguburan jenazah.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah ulasan tentang hukum mengumandangkan adzan di kuburan. Walaupun adzan di kuburan merupakan bid’ah dan Rasul tidak pernah melakukannya, akan tetapi asalkan bermanfaat hal tersebut boleh dilakukan.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *