Hukum Berhubungan Suami Istri Pada Saat  Haid Dalam Islam

Bagi pasangan suami istri, berhubungan seksual sudah menjadi kebutuhan. Berhubungan suami istri juga dapat mempererat hubungan dan keharmonisan suatu rumah tangga.

Akan tetapi dalam waktu-waktu tertentu kadang suami istri tidak dapat melakukan  hal tersebut karena sang istri tengah haid. Akan tetapi ada juga pasangan yang tetap berhubungan suami istri walaupun sang istri tengah haid.

r 155

Nah, bagaimanakah hukum berhubungan suami istri pada saat haid tersebut? Bolehkah atau tidak? Berikut penjelasannya.

Dalam QS. Al Baqarah ayat 222 dijelaskan bahwa : “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah : “Haid itu adalah kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka (berhubungan suami istri_red), sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orag yang menyucikan diri.”

Ayat di atas menjelaskan bahwa hukum berhubungan suami istri saat istri sedang haid adalah dilarang atau diharamkan.  Hal ini karena, saat istri sedang haid, ia sedang dalam keadaan kotor dan juga hadast.

Selain itu, berhubungan suami istri saat istri sedang haid juga menyimpan berbagai macam bahaya. Antara lain :

  1. Kanker rahim

Berhubungan suami istri saat istri sedang haid meningkatkan resiko sang istri mengidap kanker rahim. Hal ini karena darah menstruasi yang ikut masuk ke dalam rahim saat suami mengeluarkan sperma, akan masuk ke sel telur dan memicu munculnya sel kanker.

  1. Infeksi

Darah kotor yang dikeluarkan istri saat haid, dapat masuk ke dalam tubuh karena dorongan sperma. Jika saat berhubungan suami istri terjadi luka maka sangat rawan luka tersebut terkena infeksi karena darah haid menjadi media yang sangat cocok untuk perkembangan bakteri di dalam tubuh.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah ulasan tentang hukum berhubungan suami istri saat sedang haid dalam pandangan Islam. Kesimpulannya, bahwa berhubungan suami istri saat haid adalah haram karena saat itu istri sedang dalam keadaan kotor dan hadast.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *