Hukum Menggambar Makhluk Hidup Dalam Islam

Ketika kecil kita pasti sangat akrab dengan gambar pemandangan dengan latar belakang gunung dan matahari terbit. Akan tetapi ketik dewasa, selera gambar kita juga mengalami perubahan. Kita akan cenderung menyukai gambar yang berupa makhluk hidup seperti wajah pria atau wanita.

r 156

Akan tetapi bolehkan menggambar makhluk hidup dalam pandangan Islam? Bagaimanakah hukumnya? Berikut penjelasannya.

Dalam sebuah hadits  yang diriwayatkan  oleh  Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA, beliau berkata : “Rasulullah SAW datang dari safar. Saat itu sungguh aku menutupi diri dengan kain tipis milikku di atas lubang angin pada tembok. Kain itu terdapat gambar-gambar.

Maka, ketika Rasulullah SAW melihat hal itu, beliau merusaknya dan beliau berkata : Manusia yang paling berat siksaanya besok pada hari kiamat adalah adalah orang-orang yang menandingi ciptaan Allah. Aisyah RA berkata : Maka kami menjadikan kain itu menjadi satu bantal atau dua bantal.”

Hadits ini menjelaskan bahwa menggambar sesuatu yang menyerupai ciptaan Allah adalah hal yang dilarang atau haram menurut agama Islam. Hal ini karena mereka dianggap telah menandingi kuasa Allah dengan menciptakan sesuatu yang menyerupai ciptaan Allah tersebut.

Orang yang menggambar makhluk hidup, maka kelak di akhirat ia akan disuruh untuk menghidupkan gambarnya tersebut.

Hal ini berdasarkan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang berbunyi : “ Sesungguhnya para pembuat gambar ini akan disiksa besok pada hari kiamat. Maka, dikatakan kepada mereka : Hidupkanlah sesuatu yang telah kalian ciptakan (buat).”

Hadits ini menjelaskan bahwa betapa beratnya hukuman untuk orang yang menggambar makhluk hidup karena bagaimana mungkin manusia menciptakan nyawa untuk menghidupkan gambarnya tersebut. Itulah sebabnya kenapa kita tidak boleh menciptakan gambar yang menyerupai ciptaan Allah karena kita tidak akan mampu menandingi kuasa Allah.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah ulasan tentang hukum menggambar makhluk hidup menurut pandangan Islam. Dengan membaca artikel ini semoga kita lebih bijak memilih objek yang akan kita gambar jangan sampai justru menyerupai ciptaan Allah.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *