Hukum Mentato Tubuh Dalam Islam

Hukum Mentato Tubuh Dalam Islam – Bagi sebagian orang tato merupakan karya seni yang sangat menarik dan indah. Banyak orang yang rela merasakan sakit demi mendapatkan tato di bgian tubuh yang mereka inginkan.

Bahkan saat ini, penikmat tato tidak hanya laki-laki saja. Wanita juga sudah mulai akrab dengan tinta dan jarum yang menusuk kulit mereka demi mendapatkan tato impian mereka.

hukum tato

Dalam bermasyarakat tato memang tidak dilarang. Akan tetapi bagaimana dengan pandangan Islam tentang hukum mentato tubuh? Berikut penjelasannya.

Jaman dahulu orang yang bertato identik dengan preman dan orang jahat. Akan tetapi saat ini,sudah banyak yang sadar bahwa tato merupakan sebuah seni yang sangat menarik dan indah.

Banyak juga orang yang sengaja mengabadikan moment berharga mereka lewat tato di tubuh mereka.

Akan tetapi Islam mempunyai pandangan sendiri tentang orang yang mentato tubuhnya. Dalam Islam tato dianggap sebagai sesuatu yang menghalangi datang air ke kulit saat wudhu atau mandi. Selain itu mentato tubuh dalam Islam juga dianggap sebagai perilaku merubah ciptaan Allah yang hukumnya adalah haram.

Hal ini berdararkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang berbunyi :

”Allah melaknat wanita yang menyambung rambutnya, melakukan tato di wajahnya (mutawasshimah), menghilangkan rambut dari wajahnya, menyambung giginya, demi kecantikan, mereka telah merubah ciptaan Allah.”

Selain itu dalam surat An Nisa’ ayat 119 Allah juga menjelaskan tentang hukuman mengubah ciptaan Nya. Firman itu berbunyi :

”Dan Aku benar-benar akan menyesatka merek, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barangsiapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.”

Baca Artikel Lainnya :

Dari firman Allah dalam QS. An Nisa 119 dan juga hadit tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa mentato tubuh dalam Islam adalah perbuatan yang dilarang karena itu merupakan perilaku yang termasuk dalam mengubah ciptaan Allah. Dan Allah sangat melaknat perbuatan mengubah ciptaan Nya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *