Hukum Menutupi Dinding Rumah Dengan Kain

Menutupi dinding rumah dengan menggunakan kain tidak ada hukum yang tentu mengarah langsung ke haram ataupun diperbolehkan tanpa adanya dalil atau alasan yang kuat mengenai hal ini, hukum dalam menutupi dinding dengan kain tentunya berdasarkan pada situs muslim.or.idada 2 yakni diperbolehkan dan dimakruhkan.

r 149

Makruh hukum menutupi dinding rumah dengan kain bila dalam kain tersebut memuat berbagai gambar atau lukisan berbagai makhluk hidup terutama makhluk hidup yang diharamkan oleh agama Islam.

Dalam sebuah hadist yang perawinya adalah Muslim no 107, hadist tersebut memiliki makna sebagai berikut:

“sesungguhnya Allah tidak memerintahkan kepada kita untuk memberi pakaian kepada batu dan tanah”

Selain dari hadits yang diriwayakan oleh Muslim, hadits lain dari Imam An-nawawi yang artinya adalah sebagai berikut:

“para ulama berdalil dengannya larangan menutupi dinding rumah dengan kain, namun laranga ini adalah makruh bukan haram dan hal itulah yang shahih. Sementara Syaikh Abul Fath Nashr Al-Maqdisi dari ash-hab kami berkata: hukumnya haram. pada lafadz hadits tersebut tidak menunjukan haram, ia hanya menunjukan bahwa Allah ta’ala tidak memerintahkan kita yang demikian, artinya bukan wajib dan bukan sunah dan bukan haram.”

Dari kedua hadits di atas, tentunya terlihat dalam menerapkan hukum menutupi dinding dengan kain para ulama memiliki 2 pendapat yang berbeda dalam masalah ini.

Menutupi dinding dengan menggunakan kain, sebagian ulama ada yang mengharamkan dan ada pula sebagian ulama lain yang hanya menghukuminya dengan hukum makruh.

Ulama yang menyatakan haram menutupi dinding dengan kain adalah Abul Fath Nashr Al-Maqdisi, sedangkan ulama yang memberikan hukum makruh dalam menutupi dinding dengan kain adalah Imam An-Nawawi.

Dari 2 pendapat di atas, tentu hukum utama dalam menutupi dinding dengan kain sudah terlihat jelas. Maka hal ini diserahkan kepada Anda selaku muslim ingin memilih hukum mana, apakah haram atau makruh.

Baca Artikel Lainnya :

Namun hal yang jelas terlihat dari kedua hukum menutupi dinding dengan kain ini adalah sebaiknya ditinggalkan, karena hukum makruh berarti lebih baik untuk ditinggalkan namun jika dilakukanpun tak mengapa. Sedangkan hukum haram sendiri tentu kita tahu, maka perbuatan tersebut harus ditinggalkan bila tidak maka akan berdosa.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *