Hukum Orang Yang Murtad Dalam Pandangan Islam

Hidup merupakan perjalanan untuk mencari dan menuju kebenaran. Tak jarang di tengah perjalanan ada yang mersa bahwa jalan yang selama ini ia tempuh bukan merupakan jalan yang ia cari sehingga memutuskan untuk keluar dari jalan tersebut dan memilih untuk mencari jalan lain. Begitupun juga dalam pencarian agama yang benar.

r 157

Tidak sedikit orang yang saat ini memutuskan untuk keluar dari suatu agama dan masuk ke agama laian dengan alasan bahwa mereka sedang mencari kebenaran yang hakiki. Memang tidak ada paksaan untuk kita ataupun mereka untuk harus masuk agama tertentu.

Akan tetapi, bagaimana islam menanggapi masalah keluar agama atau murtad seperti ini? Berikut penjelasanannya.

Dalil tentang memilih agama

Sebagaimana yang kita ketahui, islam tidak pernah memaksa siapapun untuk masuk dan mengikuti ajaran agamanya. Hal ini tertulis dalam Quran Surata Al Baqarah ayat 256 yang berarti : “ Tidak ada paksaan untuk memasuki agama islam. Sungguh telah jelas jalan kebenaran dari jalan kesesatan.”

Ayat di atas menjelaskan bahwa Islam tidak mengharuskan orang non muslim untuk masuk dan mengikuti ajaran agama islam. Akan tetapi ayat ini menjelaskan bahwa islam adalah agama yang benar dan jauh dari kesesatan.

Dalil tentang kebenaran agama islam

Dalam QS. Ali Imran ayat 19 yang memiliki arti : “ Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah islam.” Ayat ini menjelaskan bahwa hanya islam agama yang benar dihadapan Allah. Selain itu bukti kebenaran agama islam juga terdapat pada QS. Al Maidah ayat 3 yang berarti :”…Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu dan telah Aku cukupkan nikmat bagimu, dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agamamu,,”.

Hukum orang yang murtad

Orang yang murtad atau keluar agama, sebenarnya mereka berada dalam kondisi yang sangat sia-sia dan mereka akan menyesal telah melakukan hal tersebut dan mereka juga telah dilaknat oelh Allah.

Hal ini  sesuai dengan yang dijelaskan dalam  QS Al Baqarah ayat 217 yang berarti :” Barangsiapa yang murtad di antara kamu dari agamanya, lalu mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.”

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah ulasan tentang hukum orang yang murtad menurut pandangan islam. Semoga menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *