Hutan Sehat, Selamatkan Paru-paru Dunia!

Hutan Sehat, Selamatkan Paru-paru Dunia! – Kita bernafas dengan menghirup oksigen. Tentu saja oksigen ini tidak bisa ada di produksi dengan sendirinya. Hutan ialah sumber utama dari oksigen yang berada di dunia, oleh sebab itu, hutan disebut sebagai paru-paru dunia.

Untitled

Sebenarnya Indonesia termasuk penghasil oksigen yang banyak, dikarenakan hutan-hutan yang terlampau luas. Sayangnya, untuk sekarang Indonesia tidak berperan sangat aktif dalam produksi oksigen, dikarenakan hutan-hutan yang telah mulai rusak, seperti yang sering Kita lihat di berbagai media massa, kerusakan hutan di Indonesia semakin lama, semakin tidak terkendali.

Kerusakan hutan yang terjadi di era ini memang susah untuk dikendalikan, karena segala aspek hidup manusia bergantung dari hutan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, alasan banyaknya kerusakan hutan yang selain hal tersebut ialah:

  • Kurangnya kesadaran manusia tentang pentingnya hutan di masa yang akan datang,
  • Tidak adanya sanksi hukum tegas, untuk membuat jera para perusak hutan,
  • Kurangnya penerapan system tebang pilih, para penebang lebih senang bila membabat habis hutan tanpa melihat resikonya,
  • Minimnya pengetahuan masyarakat tentang fungsi hutan sebagai paru-paru dunia,
  • Kurangnya pengawasan pemerintah dalam hal kelestarian hutan.

Bila hutan tidak di manfaatkan secara sehat, oksigen yang berada di bumi tentu saja semakin menipis, sebenarnya pemanfaatan hutan ini memang tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan atau perbaikan pohon yang dilakukan. 1 pohon mungkin membutuhkan waktu puluhan tahun untuk bertambah besar, namun 1 pohon bisa di tebang dalam beberapa menit. Tentu adanya kesenjangan ini semakin memperparah kerusakan hutan.

Sebenarnya, apa kriteria hutan sehat? Beberapa kriteria hutan sehat ialah:

  • Masih banyaknya spesies flora ataupun fauna yang berada di sana, bila hutan tersebut masih memiliki banyak flora ataupun fauna, tentu hutan tersebut bisa dikatakan sehat,
  • Hutan masih alami, yang artinya belum tersentuh oleh tangan nakal manusia,
  • Hutan masih memiliki keadaan yang sehat, seperti tidak terdapat banyak kerusakan yang berada di dalamnya,
  • Hutan yang mampu di berbagai tekanan kerusakan.

Bila Kita sadari, sulit sekali menemukan hutan sehat yang terdapat di Indonesia, dikarenakan kebanyakan hutan memang di gunakan sebagai kebutuhan konsumtif. Kita lihat saja di Pulau Kalimantan, dulunya pulau ini memiliki hutan yang sangat luas, hingga akhirnya para penebang menemukannya, dan mengambil seluruh sumber daya yang terdapat di dalam hutan ini.

Selain penebang, sebenarnya penduduk lokal biasanya juga bergantung pada hutan, seperti mencari kayu bakar atau sebagai bahan bangunan. Kita memang harus memperbaiki hutan mulai dari sekarang, gencarkan pendidikan dini mengenai mencintai hutan, lebih gencar menayangkan akibat negatif kerusakan hutan, agar menumbuhkan kesadaran masyarakat kembali mengenai hutan sehat serta pentingnya hutan untuk kelangsungan hidup Kita.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Hutan Sehat, Selamatkan Paru-paru Dunia!

  1. Pingback: Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Sehat | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Cara Pengelolaan Limbah Plastik | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *