Hydra: Makhluk yang Hidup Abadi

Hydra adalah monster yang memiliki banyak kepala, dimana saat salah satu kepalanya dipotong, maka akan tumbuh dua kepala baru. Itulah deskripsi Hydra yang dikenal dalam mitologi Yunani Kuno.

Namun tak hanya di mitologi, dunia nyata kita pun memiliki Hydra dengan versinya sendiri. Hydra versi dunia nyata kita adalah Hydra yang berumur panjang, bahkan dapat mencapai tingkat keabadian. Wow! Seperti deskripsi vampir^^

p 96

Hal ini telah diterbitkan di salah satu jurnal internasional pada 7 Desember lalu  sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Daniel Martinez. Menurutnya, hewan ini tidak seperti hewan multiseluler lainnya. Sebab, Hydra tidak mengalami penuaan pada sel tubuhnya.

Hydra termasuk dalam hewan yang dikelompokkan dalam invertebrata. Bentunya seperti tabung kecil. Di ujung tubuhnya, terdapat tentakel yang nampak seperti menonjol keluar. Hewan yang memiliki panjang hanya 10 mm ini, hidup dengan memakan hewan di sekitarnya yang lebih kecil darinya.

Hydra memiliki kemampuan regeneratif sel yang menakjubkan. Diketahui bahwa sebagian sel pada tubuh Hydra merupakan sel induk yang bisa membelah diri secara terus-menerus, tak kenal usia dan dapat berkembang menjadi semua jenis sel di tubuhnya.

Tidak seperti pada manusia yang sel totipotent-nya hanya bertahan sampai fase awal embrio, Hydra mampu mempertahankan sel-sel ini untuk memperbarui sel-selnya.

Dalam penelitian pada tahun 1998, Martinez tidak menemukan adanya indikasi penuaan pada Hydra dewasa. Meski begitu, dalam penelitian tersebut, tidak dapat diketahui tentang hubungan kesuburan Hydra dengan tingkat usianya.

Dalam penelitian dengan periode waktu yang lebih panjang, selama pengamatan dan penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu 8 tahun, dari 2256 hydra, tidak ada yang menunjukkan adanya penuaan.

Meski usia mereka berbeda-beda, namun kelihatannya kemampuan selnya sama sehingga memungkinkannya terus beregenerasi dan tidak mengalami penuaan sel. Untuk tingkat kematian per tahunnya, dari 167 Hydra hanya ada seekor saja yang mati per tahunnya.

Baca Artikel Lainnya :

Martinez sendiri meyakini bahwa Hydra bisa bertahan hidup sampai mencapai tingkat keabadianny jika ia hidup di tempat yang tepat. Selama ini, Hydra tertua yang diamati baru berusia 41 tahun.

Kemungkinan yang membuat mereka belum mencapai tingkat keabadiannya adalah karena faktor predator, lingkungan yang kurang mendukung, penyakit dan lain sebagainya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *