Identifikasi dan Seleksi Terhadap Bahan Pemuliaan

Identifikasi dan Seleksi Terhadap Bahan Pemuliaan – Pemuliaan tanaman adalah susunan genetik tanaman diubah secara tetap sehingga tanaman tersebut berpenampilan sesuai kehendak pelakunya (pemulia tanaman). Tindakan yang mencakup pada pemuliaan tanaman adalah penangkarangan, persilangan, dan seleksi. Identifikasi dan seleksi terhadap bahanpemuliaan harus dilakukan mengingat materi pemuliaan yang beraneka ragam harus diidentifikasi sifat khas yang dibawa dan diseleksi hasil identifikasi agar sesuai tujuanpemuliaan.

indexjgb

Kegiatan pemuliaan tanaman berkelanjutan dan dinamis. Dinamis dapat dilihat dari keadaan lingkungan yang dapat berubah setiap saat. Berkelanjutan dapat dilihat dari adanya kesinambungan dari tahap satu ke tahap berikutnya. Sebelum ke identifikasi dan seleksiterhadap bahan pemuliaan mari kita simak dulu proses kegiatan pemuliaan:

  1. Usaha sumber keragaman dari plasma nutfah, sebelum adanya industri pertanian menguasai benih yang berangsur-angsur terdesak dan petani pun menunggu pasokan dari industri pertanian. Maka dari itu meningkatkan hasil plasma nutfah.
  2. Karakterisasi dan identifikasi.
  3. Induksi keragaman.
  4. Proses seleksi.
  5. Pengujian dan evaluasi, evalusi dilakukan di tempat yang tidak terlalu luas dengan populasi yang juga tidak terlalu banyak. Evaluasi dilakukan bertujuan untuk mengetahui kualitasnya apakah kualitasnya masih sama jika dilakukan di lahan yang terbuka.
  6. Pelepasan.

Penggunaan penanda sangat membantu dalam proses seleksi pemuliaan tanaman dengan penanda genetik dapat dilakukan dengan mengamati alel penanda dan sifat yang diamati. Supaya teknik ini dapat berjalan dengan baik antara alel penanda dan sifat yang diamati harus terlebih dahulu ditegakkan. Identifikasi dan seleksi terhadap bahan pemuliaan pada tanaman penyerbukan silang, seleksi nilai pemuliaan paling efektif digunakan. Ada banyak macam-macam metode seleksi seleksi tongkol ke baris, seleksi saudara tiri, seleksisaudara kandung, seleksi saudara kandung timbal balik.

Tujuan pemuliaan tanaman dalam identifikasi dan seleksi terhadap bahan pemuliaansecara umum yaitu perbaikan kualitas dan peningkatan kepastian hasil kualitas. Peningkatan kepastian diarahkan pada tanaman yang mempunyai daya tumbuh kuat, teknologi pertanian yang sesuai, hasil meningkat, kekebalan terhadap gangguan organisme lain dan faktor lingkungan yang kurang mendukung.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *