Ilmu Cantik Dari Leluhur Untuk Merawat Kulit Tubuh Dan Wajah Agar Tetap Sehat Dan Cantik

Memiliki seraut wajah yang lurus dan kulit kinclong merupakan dambaan setiap wanita, terlebih para gadis belia yang baru beranjak remaja. Tak sedikit diantara mereka yang melakukan perawatan kecantikan justru menyebabkan kulit menjadi bertambah rusak.

i 40

Dimana diketahui bahwa kulit tubuh yang rusak dan mudah ditumbuhi jerawat cenderung akan membuat si pemilik menjadi khawatir dan kurang percaya diri tampil dihadapan umum sehingga harus segera dicarikan solusi yang tepat !

Untuk menyiasatinya, anda harus tahu bagaimana cara merawat tubuh dan wajah sehingga senantiasa tampil prima, simak ulasan singkat dari kami di bawah ini :

1. Dengan memanfaatkan ramuan tradisional ratus.

Menurut cerita legenda, pada jaman dulu Ratu Ken Dedes adalah wanita yang dipuja oleh banyak kaum pria namun menyebabkan Raja Tunggul Ametung dibunuh oleh pengawal kepercayaannya, Ken Arok, dimana diketahui bahwa ratu ini ternyata memiliki resep kecantikan yang sangat unik dan mampu membuatnya dipuja oleh para pria.

Perawatan yang paling sering dia lakukan adalah luluran, juga ia rajin mengharumkan rambut dan organ kewanitaannya dengan ramuan tradisional bernama ratus. Ratus merupakan campuran herba yang bersifat tradisional, terdiri dari kemenyan, cendana, kenanga, dan klabet atau klobot yang dikeringkan.

Dibubuhkan ke dalam anglo berisi bara api untuk mengasapi seluruh bagian tubuh dan rambut. Sebagai perawatan organ kewanitaan, ratus bermanfaat untuk menyerap lendir yang menyebabkan terjadinya keputihan sekaligus mengharumkan hingga ke dalam.

Jika diaplikasikan untuk rambut, bisa menyebabkan aliran darah menjadi lancar di kulit kepala yang menyebabkan kulit wajah anda menjadi bersinar dan bebas jerawat.

2. Dengan memakai ramuan tradisional batimung.

Perawatan sauna dengan cara tradisional yang berasal dari tradisi masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan ini pada umumnya digunakan sebagai perawatan untuk para calon pengantin, pria dan wanita.

Langkah – langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut : anda harus mandi terlebih dahulu, kemudian seluruh tubuh dibedaki dengan bedak dingin dari campuran ketan hitam yang sudah dicuci bersih lalu dibungkus kain tebal.

Proses selanjutnya adalah penguapan dengan ramuan yang terdiri dari campuran minyak serai, akar wangi, daun jeruk purut, temu giring, kenanga, pandan, dan melati (takaran secukupnya). Ramuan itu dijerang dengan air di dalam panci tertutup dan hanya dibuka ketika akan digunakan.

Tubuh calon pengantin dalam keadaan terbungkus kain batik dan didudukkan di atas bangku kecil. Di bawah bangku disisipkan panci ramuan yang uapnya mengepul. Penguapan ini bermanfaat untuk menghilangkan bau badan calon pengantin.

3. Dengan memakai ramuan tradisional lulur.

Bangsa kita sejak jaman dulu yang diperintah oleh kerajaan – kerajaan termahsyur, antara lain Majapahit yang berpusat di wilayah Jawa Timur sekarang, merupakan pusat kehidupan para puteri keraton yang kerap digambarkan sebagai para wanita tercantik di dunia.

karena memiliki kecantikan yang sempurna, berparas ayu, dengan kulit tubuh dan wajah berwarna kuning mulus, bersih, dan bercahaya – adalah warna kulit yang ideal untuk ras Melayu .

Salah satu ritual kecantikan puteri keraton yang kerap dilakukan dan diikuti oleh kaum perempuan lainnya adalah luluran, yang bermanfaat untuk menjadikan kulit berseri dan mempertajam warna asli yaitu kuning bercahaya.

Meski pada awalnya perawatan tradisional ini hanya beredar di kalangan puteri keraton saja, saat ini resep ramuan tradisional perawatan kecantikan dengan lulur sudah bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di luar lingkungan keraton.

Bahan dasar lulur adalah kunyit (berfungsi sebagai antiseptik yang ampuh buat membunuh bakteri di kulit), sekal klabet (untuk membersihkan dan mengecilkan pori – pori kulit), serta temu giring yang berfungsi membuat kulit berwarna cerah alami.

4. Dengan memakai ramuan tradisional boreh.

Ramuan tradisional boreh berasal dari tradisi puteri keraton Bali yang cara pengaplikasiannya mirip dengan lulur di Jawa. Akan tetapi boreh berfungsi lebih luas yaitu untuk kesehatan dan kecantikan.

Secara umum manfaat boreh adalah untuk menghangatkan badan, menghilangkan masuk angin, memperlancar peredaran darah, dan menghilangkan pegal – pegal seperti halnya khasiat parem di Jawa.

Dengan peredaran darah yang lancar, akan berpengaruh besar terhadap kesehatan wajah menjadi cerah, sehat dan cantik. Ramuan boreh terdiri dari serai, cendana, jahe, cengkeh, pala, lengkuas, beras hitam, dan minyak kelapa. Seperti halnya lulur, boreh diaplikasikan dengan cara dibalurkan ke seluruh tubuh (bisa juga untuk wajah).

Setelah setengah kering, anda lap dengan kain basah hingga bersih. Efeknya adalah tubuh langsung hangat dan pegal – pegal hilang dalam waktu 1 jam.

Baca Artikel Lainnya :

Indonesia sebagai negeri yang kaya akan budaya merupakan salah satu keistimewaan dari bangsa kita dimana terdapat beragam perawatan tradisional kesehatan dan kecantikan adalah salah satu cara yang paling mudah diwariskan oleh para leluhur sejak jaman dulu.

Melalui berbagai ramuan tradisional dari bahan – bahan alami yang mudah di dapat di bumi Nusantara ini adalah hal yang patut dilestarikan karena tepat untuk diaplikasikan buat merawat tubuh dan kecantikan yang sangat mujarab seperti halnya cara pengobatan dan perawatan modern ala negeri barat yang serba canggih, patut untuk anda terapkan. Selamat mencoba !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *