Siapa Sih Ilmuwan Kimia Modern Pertama Asal Irlandia?

Siapa Sih Ilmuwan Kimia Modern Pertama Asal Irlandia – Robert Boyle lahir pada tanggal 25 Januari 1627 di kastil Lismore, Irlandia. Robert Boyle merupakan seorang ilmuwan di bidang kimia, fisika, seorang filsuf dan juga seorang penemu yang berasal dari Irlandia.boyle

Robert Boyle dikenal secara luas saat ini sebagai ilmuwan di bidang kimia modern yang pertama dan merupakan satu dari beberapa pendiri kimia modern serta satu dari pelopor metode ilmu pengetahuan dalam penelitian modern.

Robert Boyle paling dikenal karena hukum Boyle nya yang mana mendeskripsikan hubungan proposional terbalik antara tekanan absolute dengan volum gas, jika suhu tetap dalam keadaan konstan di dalam sebuah system tertutup. Di antara karya – karya Robert Boyle, The Sceptical Chymist dianggap sebagai buku batu loncatan di dalam bidang kimia modern.

Robert Boyle merupakan anak ke tujuh dari empat belas orang anak dari pasangan Richard Boyle dan istrinya bernama Catherine Fenton. Ayah Robert Boyle sebenarnya adalah orang inggris yang datang ke Irlandia pada tahun 1588. Sebagai seorang anak – anak, Robert Boyle mendapat pengajaran khusus untuk bahasa Latin, Yunani dan juga Perancis dan ketika Robert Boyle berumur delapan tahun dikarenakan kematian sang ibu, Robert Boyle dikirim ke perguruan tinggi di Eton College yang berlokasi di Inggris.

Sahabat ayahnya yang bernama Sir Henry Wotton berada di perguruan tinggi tersebut sebagai seorang pembantu rektor. Pada saat itu, ayah Robert Boyle mengangkat seorang guru pribadi yang bernama Robert Carew untuk mengajar Robert Boyle di Eton College.

Setelah menghabiskan waktu lebih dari tiga tahun di Eton College, Robert Boyle berpergian dengan seorang pengajar bahasa Perancis. Mereka mengunjungi Italia di tahun 1641 dan menetap di Florence selama musim dingin. Selama itu, Robert Boyle berasil mempelajari bahasa latin dan bahasa perancis.

Sebagai seorang pendiri Royal Society di Inggris, Robert Boyle telah dipilih sebagai seorang rekan ‘Felow of Royal Sociery’ atau disingkat FRS pada tahun 1663 sehingga di belakang nama Robert Boyle ditambahkan FRS menjadi Robert Boyle, FRS.

Hukum Boyle menggunakan nama belakang Robert Boyle sebagai tanda penghormatan terhadap segala penelitian dan karya yang dibuat Robert Boyle. Royal Society of Chemistry mengeluarkan sebuah penghargaan Robert Boyle Prize for Analytical Science yang juga menggunakan nama belakang Robert Boyle sebagai bentuk penghormatan mereka terhadap Robert Boyle.

Pada tahun 1689, kesehatan Robert Boyle tidak terlalu baik dan mulai sakit – sakitan dan akhirnya sakitnya makin serius dan terus menerus menurun. Robert Boyle menarik diri dari keramaian dan berhenti dari komunikasi dengan Royal Society dan mengumumkan keinginannya untuk menolak menerita tamu – tamu.

Kesehatannya menjadi semakin parah pada tahun 1691 dan Robert Boyle meninggal pada tanggal 31 Desember 1691, hanya satu minggu setelah kematian saudara perempuan yang hidup bersama Robert Boyle selama lebih dari 20 tahun. Robert Boyle meninggal dalam keadaan lumpuh. Robert Boyle dimakamkan di st martin.

Baca juga  : Benjamin Franklin, Salah Satu Ilmuwan Amerika

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *