Ilmuwan Penemu Baterai yang Pertama

Biografi Ilmuwan Penemu Baterai yang Pertama – Pemilik nama asli Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta ini lebih dikenal dengan nama Alessandro Volta. Alessandro Volta lahir pada tanggal 18 Februari 1745 di Como, Italia. Alessandro Volta merupakan seorang ilmuwan di bidang ilmu fisika, kimia yang berkebangsaan Italia.volta

Alessandro Volta merupakan ilmuwan pelopor dari pengembangan listrik dan tenaga serta penemuan gas Metana. Hal ini dikarenakan Alessandro Volta dikenal karena penelitian – penelitian yang telah dia dilakukan, terutama di dalam hal pengembangan baterai listrik yang telah berhasil dilakukannya pada tahun 1800. Alessandro Volta sesungguhnya menemukan baterai listrik tersebut yang diberi nama Baterai Volta atau Voltaic Pile di tahun 1799 san hasilnya baru dilaporkan pada tahun 1800.

Dengan keberhasilan penelitian Alessandro Volta ini, Alessandro Volta dapat membuktikan bahwa listrik dapat dibangkitkan secara kimiawi dan mematahkan teori umum bahwa listrik hanya dibangkitkan oleh sesuatu yang hidup. Penemuan oleh Alessandro Volta ini memancarkan kesenangan yang luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan membawa ilmuwan lainnya untuk melakukan penelitian yang sama yang mana akhirnya membawa pengembangan khususnya dalam bidang elektrokimia.

Latar belakang Alessandro Volta melakukan penelitian sehingga bisa mengembangkan baterai dimulai ketika Alessandro Volta meneruskan apa yang telah dikerjakan atau diteliti oleh Luigi Galvani. Selanjutnya Alessandro Volta membuktikan mengenai teori Luigi Galvani tentang pengaruh kejutan kaki kodok dan Alessandro Volta menyatakan bahwa teori Luigi Galvani tersebut salah.

Faktanya atau kenyataannya bahwa pengaruh tersebut muncul karena adanya dua logam yang tak sejenis atau tak sama dari pisau bedah yang digunakan Luigi Galvani. Karena kesimpulan yang didapatkan Alessandro Volta inilah menyebabkan Alessandro Volta berhasil menemukan Baterai Volta. Sehingga sejak tahun 1823, mengingat apa yang telah dilakukan Alessandro Volta dalam penemuan ini maka satuan resmi untuk beda potensial listrik dinamakan menggunakan bagian dari namanya yaitu volt.

Alessandro Volta diundang ke Institut of France dengan tujuan untuk mendemonstrasikan penemuannya kepada para anggota institusi tersebut yang mengundangnya. Alessandro Volta menyukai jika berada akrab dengan para tentara selama hidupnya dan Alessandro Volta menganggap itu menjadi suatu kehormatan baginya untuk dapat dekat dengan mereka. Alessandro Volta melakukan penelitian – penelitian dalam bidang fisika di University of Pavia selama sekitar 40 tahun dan secara luas dipuja – puja oleh murid – muridnya.

Meskipun karir profesionalnya sukses, Alessandro Volta kecenderungan untuk menjadi seorang yang cenderung terus hidup domestic dan mengenai ini makin terlihat jelas di tahun – tahun berikutnya.

Pada saat – saat tersebut Alessandro Volta cenderung memilih hidup menyendiri dari kehidupan public yang ramai dan lebih untuk keluarganya sampai akhirnya Alessandro Volta meninggal pada tanggal 5 Maret 1827 ketika umur Alessandro Volta 82 tahun di Como, Italia. Alessandro Volta meninggal dikarenakan sakit yang dideritanya. Alessandro Volta menderita sakit mulai dari tahun 1823.

Baca juga  : Aziz Sancar, Ilmuwan di Bidang Biokimia

Loading...

One thought on “Ilmuwan Penemu Baterai yang Pertama

  1. Pingback: Paul Hermann Muller, Penemuan DDT | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *