Ilmuwan Pengusul Skala Temperatur Celsius

Biografi Ilmuwan Pengusul Skala Temperatur Celsius – Anders Celsius merupakan seorang ilmuwan berkebangsaan Swedia. Anders Celsius lahir pada tanggal 27 November 1701 di Uppsala, Swedia.celsius

Anders Celsius adalah ilmuwan di bidang fisika, matematika dan juga astronomi. Anders Celsius merupakan seorang professor di bidang astronomi di Universitas Uppsala sejak tahun 1730 hingga tahun 1744. Kemudian melakukan perjalanan sejak tahun 1732 hingga tahun 1735 untuk mengunjungi observatory yang terkenal di Jerman, Italia dan juga Perancis.

Anders Celsius juga yang mendirikan observatory astronomi di Uppsala di tahun 1741 dan pada tahun 1742 mengajukan skala temperatur Celsius di mana menggunakan namanya untuk skala temperatur tersebut.

Anders Celsius merupakan anak dari seorang professor astronomi bernama Nils Celsius dan cucu dari ilmuwan matematika yang bernama Magnus Celsius dan seorang astronom Anders Spole. Berasar dari keluarga yang sebagian besar ilmuwan menjadikan Anders Celsius memilih karir di bidang ilmu pengetahuan.

Anders Celsius seorang ilmuwan matematika yang bertalenta sejak masih kecil. Anders Celsius mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Uppsala di mana di universitas tersebutlaj ayahnya mengajar dan di tahun 1730 Anders Celsius juga mengajar di universitas tersebut dan menjadi seorang professor astronimi di universitas itu juga.

Di tahun 1733 Anders Celsius mempublikasikan koleksi 316 pengamatan aurora borealis miliknya yang ia buat dan juga orang lain buat sejak tahun 1716 hingga tahun 1732. Ketika Anders Celsius berada di paris, Anders Celsius mengajukan gagasan dalam pengukuran terhadap busar meridian di Lapland serta pada tahun 1736 Anders Celsius turut dalam ekspedisi yang dilakukan dengan tujuan tersebut oleh Akademi Sains Perancis.

Pada tahun 1738, Anders Celsius mempublikasikan observasinya pada pengukuran bentuk bumi. Anders Celsius memulai observasi menggunakan kaca berwarna untuk merekam jarak dari bintang tertentu.

Anders Celsius merupakan yang pertama yang menunjukkan dan mempublikasikan penelitian yang bertujuan padapengertian skala temperature internasional dalam ilmu pengetahuan. Dalam tulisan ilmiah Anders Celsius yang berjudul Observasi dua derajat tetap pada sebuah thermometer, dalam tulisan ilmiah tersebut dilaporkan hasil penelitian untuk pengujian bahwa titik beku bebas dari latitude dan tekanan atmosfer.

Anders Celsius mengukur ketergantungan air mendidih dengan tekanan atmosfer yang akurat bahkan dengan standar modern saat ini. selanjutnya Anders Celsius memberikan sebuah standar untuk pengukuran titik didih jika tekanan barometer berselisih dari tekanan standar yang pasti. Anders Celsius mengusulkan skala temperature Celsius di dalam tulisannya ke perkumpulan scientific Swedia yang didirikan pada tahun 1710.

Termometer Anders Celsius dikalibrasi dengan angka 100o untukk titik beku dan 0o untuk titik didih. Di tahun 1745 setahun setelah Anders Celsius meninggal, skala diperbaharui oleh Cal Linnaeus untuk memfasilitasi pengukuran lebih praktis.

Anders Celsius banyak mengadakan pengukuran geografik untuk peta umum Swedia. Pada tahun 1725, Anders Celsius menjadi sekretaris dari Royal Society of Sciences di Uppsala dan menjabat dalam posisi tersebut hingga kematianya. Anders Celsius meninggal pada tanggal 25 April 1744 di Uppsala dikarenakan penyakit Tuberkulosis yang dideritanya.

Baca juga : Ilmuwan Penemu Sinar X

Loading...

One thought on “Ilmuwan Pengusul Skala Temperatur Celsius

  1. Pingback: Sir Alexander Fleming Ilmuwan di Bidang Kedokteran | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *