Indahnya Daun Putri Malu Asal Indonesia

Indahnya Daun Putri Malu Asal Indonesia – Tahukah anda bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak flora unik? Ya, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak jenis flora yang unik. Berbangga lah anda jika anda merupakan orang Indonesia. Salah satu tanaman yang unik yang dimiliki Indonesia adalah daun putri malu. Tanaman ini akan dengan mudah anda temukan di Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke sebuah cagar alam ataupun suaka margasatwa untuk menemukan tanaman ini. Anda dapat dengan mudah menemukan tanaman ini di banyak tempat bahkan di pinggir jalan.

ptri

Jika anda belum pernah melihat langsung tanaman ini, anda dapat mempelajari ciri-ciri dari tanaman ini. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri tanaman putri malu antara lain:

  • Memiliki daun yang memiliki anak daun sekitar 17-25 buah.
  • Daunnya akan mengatup jika terkena sentuhan.
  • Bagian batangnya terdapat duri yang tajam.
  • Memiliki bunga yang unik berwarna merah muda.
  • Dapat ditemukan di pekarangan.
  • Daunnya halus.

Tumbuhan putri malu ini merupakan salah satu tumbuhan yang unik karena saat disentuh daunnya akan mengatup. Mengatupnya daun putri malu ini merupakan salah satu cara mereka melindungi diri dari musuh mereka. Selain itu dengan adanya duri pada batang mereka, hal ini juga dapat membuat putri malu terlindung dari musuhnya. Mengatupnya daun putri malu ini hanya bersifat sementara, karena setelah beberapa saat kemudian daun putri malu akan kembali mekar kembali. Salah satu hal yang unik lagi adalah pada saat matahari terbenam tanaman ini akan kembali menguncup dan kembali mekar pada saat matahari terbit.

Terdapat satu hal yang membuat tanaman ini indah yaitu bunganya. Bunga berwarna merah muda ini berbentuk bulat. Bunga ini sangat indah karena keunikan bentuknya yang bulat. Yang perlu anda ketahui lagi bunga tanaman putri malu ini memiliki khasiat untuk menjadi pengobatan beberapa penyakit. Penyakit yang bisa diobati dengan tanaman putri malu ini seperti penyakit hepatitis, insmomia dan batuk berdahak. Jadi selain memperindah tempat, tanaman ini juga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *