Influenza : Penyakit Musiman yang Menyebabkan Banyak Kematian di Awal Abad -20

Influenza : Penyakit Musiman yang Menyebabkan Banyak Kematian di Awal Abad -20 – Influenza yang biasa kita sebut dengan flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus RNA. Flu merupakan penyakit menular yang menyerang ungags dan malaria. Penyebarannya cukup mudah, dapat melalui udara maupun kontak langsung dengan penderita. Penyakit ini memiliki gejala menggigil, batuk disertai pilek, sakit tenggorokan dan otot.

Untitled

Influenza ditularkan melalui cairan yang dihasilkan oleh penderita, umumnya melalui feses maupun ingus. Batuk dan bersin juga membantu penyebaran penyakit ini. Hal ini dikarenakan virus yang berada di udara akan membentuk semacam aerosol yang dapat menyebar dengan cepat. Untuk itu dapat dikatakan penyebaran di udara merupakan penyebaran yang paling ampuh untuk penyakit ini.

Tahukah kamu kalau flu pernah menjadi wabah yang banyak menimbulkan korban jiwa ? pada abad kedua puluh, jumlah korban meninggal akibat flu mencapai puluhan juta orang. Parahnya lagi, virus flu selalu berevolusi dan membentuk jenis baru yang sulit untuk diobati.

Sebut saja flu babi atau flu burung yang merupakan evolusi dari virus flu yang menyebabkan kematian beberapa tahun yang lalu. Karena penyebarannya melalui udara, influenza mampu menyebar keseluruh penjuru dunia dengan jumlah kematian berkisar antara 250.000 hingga 500.000 orang setiap tahunnya. Bahkan di Amerika sendiri, antara tahun 1979 sampai 2001 tercatat 41.400 orang meninggal akibat influenza.

Gejala Infeksi Influenza

Influenza merupakan penyakit yang mulai dengan cepat, antara 1 sampai 2 hari setelah penderita terinfeksi. Gejala awal yang muncul pertama kali adalah menggigil disertai dengan bersin. Selain itu, terjadi peningkatan suhu tubuh berkisar 38-39oC.

Adapun gejala lainnya meliputi demam dan perasaan dingin yang amat sangat, batuk disertai hidung tersumbat, rasa nyeri terutama dibagian punggung dan kaki, dan rasa sangat lelah. Selain itu, penderita terkadang merasakan mual, pusing, dan iritasi pada mata. Untuk anak-anak, sering juga ditandai dengan diare dan nyeri pada perut.

Pencegahan dan Pengendalian Influenza

Pada dasarnya virus influenza tidak tahan terhadap sinar matahari dan desinfektan. Cara mencegahnya adalah dengan berprilaku hidup sehat, mencuci tangan sebelum makan dengan sabun, hindari kontak langsung dengan penderita, dan memakan buah dan sayur yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk penyakit flu dari galur tertentu seperti H5N1, dll. disarankan menggunakan vaksin yang mampu membunuh virus yang ada di dalam tubuh. Menjaga pola hidup adalah kunci penting dalam menghindari penyakit ini. Makan makanan yang sehat, istirahat cukup, serta menjaga kebersihan lingkungan merupakan kunci penting terhindar dari penyakit flu.

Baca Juga : Mewaspadai 7 Makanan Sehat Memiliki Kandungan Racun Tersembunyi

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Influenza : Penyakit Musiman yang Menyebabkan Banyak Kematian di Awal Abad -20

  1. Pingback: Mengenal Gejala Diabetes Sejak Dini | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *