Ingin Keuntungan Berlipat? Coba Membuat Pakan Ternak Sendiri!

Ingin Keuntungan Berlipat? Coba Membuat Pakan Ternak Sendiri!Sebenarnya usaha peternakan merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Usaha ini hampir tidak membutuhkan modal yang terlampau besar, hanya jeli memilih bibit yang berkualitas, handal dalam mengurus, dan selesai pundi-pundi keuangan akan masuk ke dalam rekening Anda.

Untitled

Apalagi bila memilih untuk beternak sapi. Mungkin sebagian orang terutama yang berada di pedesaan, beternak sapi merupakan usaha sampingan, sekedar mengisi waktu luang, padahal usaha ini bisa menjadi usaha yang mendatangkan keuntungan berlipat ganda. Apalagi dalam memberi pakan, Anda tidak perlu membeli, melainkan membuat sendiri.

Sekarang memang mulai dikembangkan pembuatan pakan yang di lakukan oleh pemilik peternakan sendiri. Makanan ini berasal dari jerami yang sudah tidak di gunakan lagi. Dikarenakan ada banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan. Antara lain:

  • Pencernaan sapi akan di perbaiki, atau akan lebih terjaga,
  • Susu yang di produksi oleh sapi setiap harinya akan meningkat,
  • Bobot ternak Anda akan bertambah lebih cepat karena pemenuhan gizi yang seimbang,
  • Nafsu makan sapi menjadi semakin banyak,
  • Daging sapi akan lebih rendah kolesterol, serta lebih berisi,
  • Kotoran sapi menjadi tidak begitu berbau, sehingga tidak akan menjadi pencemaran udara,
  • Urin yang di hasilkan relative lebih sedikit,
  • Sapi menjadi lebih kebal, serta tidak mudah terkena penyakit.

Cara membuat makanan dari fermentasi jerami tersebut ialah:

  • Siapkan jerami, banyaknya jerami ini juga bergantung pada banyaknya ternak yang Anda miliki, siapkan beberapa kilogram jerami yang masih segar serta urea dan air,
  • Kumpulkan jerami tersebut kemudian beri urea serta air,
  • Masukkan ke dalam tong atau tempat yang sudah di sediakan, tutup rapat hingga 21 hari,
  • Setelah 21 hari, keringkan jerami tersebut, pemberian pakan ini dilakukan ketika jerami sudah kering.

Untuk pertama kali pemberian mungkin sapi akan sedikit enggan untuk menerima pakan ini, namun bila Anda terus mencobanya, lama kelamaan ia akan terbiasa, berikan pakan sehari 3 kali serta beri air yang cukup. Dengan cara ini tentu Anda akan lebih menghemat pengeluaran yang di gunakan sebagai pakan, karena seperti yang Kita ketahui, jerami banyak sekali di temukan di daerah pedesaan. Bahkan Anda bisa mendapatkannya dengan gratis.

Masa pemanenan sapi memang sedikit membutuhkan waktu lama, namun bayangkan bila Anda memiliki paling tidak 10 ekor sapi yang bisa Anda manfaatkan susu serta Anda jual dagingnya, berapa lipat rupiah yang bisa Anda dapatkan. Hanya saja memang Anda harus sedikit tekun dalam mengolah makanan ini. Sebagai tips lebih baik Anda mengolah dalam jumlah yang banyak. Karena daya tahan pakan yang berasal dari proses fermentasi ini bisa bertahan cukup lama, bahkan hingga mingguan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *