Ini 6 Alasan Mengapa Website Penting Untuk Bisnis Anda

Photo by rawpixel.com from Pexels

Setiap pemilik bisnis tentu ingin usahanya berkembang dan sukses, untuk itu tentu perlu strategi. Strategi bisnis jaman sekarang bisa dibilang sangat berbeda dengan 5-10 tahun yang lalu.

Pemilik bisnis harus mengikuti perkembangan jaman dan teknologi untuk tidak kalah bersaing. Kehadiran online menjadi suatu keharusan bagi setiap bisnis yang ingin berkembang. Website menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi, tapi sayangnya masih banyak yang belum tahu mengapa website penting bagi suatu bisnis.

Berikut adalah 6 alasan mengapa bisnis Anda, apapun jenisnya, butuh website

Konsumen Serba Online

Dengan semakin murahnya smartphone and internet bisa dibilang sebagian besar orang terkoneksi internet dan online hampir 24/7, termasuk konsumen bisnis Anda. Kebiasaan berbelanja seseorang juga berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Sebelum membeli atau mengkonsumsi suatu barang, orang-orang akan melakukan riset secara online.

Bisa dibayangkan potensi kerugian yang mungkin dialami oleh suatu bisnis karena orang-orang tidak mengetahui kehadiran online bisnis tersebut.

Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas Bisnis

Pernahkah dengar istilah ZMOT (Zero Moment of Truth)? ZMOT merupakan istilah buatan Google yang berarti momen pada proses pembelian dimana konsumen melakukan penelitian sebelum membeli suatu produk.

Di era digital kebiasaan untuk melakukan penelitian sebelum melakukan pembelian bukan suatu hal yang mengejutkan. Konsumen akan melakukan riset online menggunakan Google untuk memastikan produk atau layanan memiliki kualitas baik dan bisa dipercaya.

Jika konsumen tidak bisa menemukan informasi mengenai produk atau layanan bisnis Anda secara online bisa jadi mereka merasa bisnis tidak bisa dipercaya dan justru beralih ke kompetitor.

Kehadiran website dapat meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa Anda serius dalam melakukan bisnis, terutama jika website bisnis dikelola dengan baik dan berisi informasi-informasi penting bagi konsumen.

Meningkatkan Exposure dan Awareness

Selain berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, kehadiran website juga bisa digunakan sebagai alat marketing bisnis.

Dengan melakukan optimasi SEO dan konten website, maka halaman website Anda bisa berada di posisi teratas di halaman Google. Semakin tinggi posisi halaman di Google maka semakin besar traffic ke website dan semakin besar pula eksposur dan awareness ke produk dan layanan yang dimiliki. Hal ini tentu juga memiliki pengaruh positif pada penjualan.

Kelola website bisnis dengan membuat konten yang menarik perhatian calon konsumen dengan menggunakan keyword yang sesuai dengan niche bisnis dan sering digunakan calon konsumen.

Alternatif Metode Bisnis

Trend e-commerce mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir ini. Tidak mengherankan mengingat kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan dari berbelanja online. Anda bisa memanfaatkan website untuk membuat toko online.

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat toko online pun jauh lebih rendah dibanding membangun toko fisik, sehingga Anda bisa menghemat modal untuk keperluan bisnis lain.

Anda tidak butuh kemampuan website development atau coding untuk membuat website bisnis. Ada banyak sekali jasa yang menawarkan pembuatan toko online, yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan budget.

Selain itu toko online tidak terbatas pada jam operasional, website Anda bisa beroperasional selama 24/7/ selama setahun penuh, meskipun Anda sedang offline. Potensi penjualan melalui toko online akan lebih besar jika dibandingkan dengan toko fisik saja.

Pengembangan Bisnis lebih Mudah

Dengan website, Anda bisa dengan mudah melakukan ekspansi bisnis, tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar.

Bayangkan jika Anda memiliki toko fisik, target pasar akan terbatas pada konsumen di kota-kota terdekat. Untuk melakukan pengembangan bisnis pun butuh modal besar, misalnya untuk sewa dan renovasi bangunan, biaya air dan listrik, gaji karyawan, dan pengeluaran lain-lain.

Jika Anda memanfaatkan website sebagai salah satu metode penjualan, Anda bisa menghemat modal karena hanya perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan website (jika menggunakan bantuan pihak lain), web hosting, dan biaya maintenance.

Jangkauan website tidak terbatas sehingga target market bisnis pun juga lebih luas, bahkan Anda bisa mengembangkan bisnis hingga ke tingkat internasional.

Menunjukkan Produk dan Layanan yang Ditawarkan

Jika Anda tetap ingin memulai bisnis dengan cara tradisional seperti membuka toko fisik, maka website tetap penting untuk dimiliki.

Anda bisa memanfaatkan website sebagai katalog online untuk menunjukkan semua produk dan layanan yang dimiliki, termasuk informasi mengenai deskripsi, fitur, dan harga. Anda juga bisa dengan cepat menampilkan promo-promo.

Jika website digunakan sebagai toko online, maka informasi dan gambar detail mengenai produk dan layanan perlu disertakan sehingga memudah konsumen dalam memilih produk. Perlu diingat untuk bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari website, Anda perlu menginvestasikan waktu untuk mengelola SEO dan konten. Konten merupakan magnet yang berfungsi mendorong konsumen mengunjungi website Anda dan melakukan transaksi.

Butuh website untuk Bisnis Anda?

Jika belum membuat website untuk bisnis Anda, maka sekarang saatnya memulai. Membuat website tidak sesulit yang dibayangkan sebagian orang. Anda tidak perlu jago HTML atau coding, ada CMS seperti WordPress yang bisa dimanfaatkan. Untuk website perusahaan atau toko online maka sebaiknya pilih WordPress.org karena memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dan canggih dibanding WordPress.com.

Setelah menentukan CMS yang ingin digunakan maka selanjutnya Anda perlu memilih web hosting untuk mengonlinekan website dan menyimpan semua data dan file website. Salah satu web hosting yang layak Anda pilih adalah Hostinger.

Hostinger menyediakan berbagai macam paket web hosting, tergantung kebutuhan Anda. Untuk bisnis yang masih baru dan belum terlalu besar maka bisa memilih paket shared hosting.

paket web hosting Hostinger

Paket web hosting premium ideal untuk bisnis baru dan sedang berkembang. Jika bisnis yang Anda miliki sudah cukup besar dan stabil Anda bisa melakukan upgrade ke paket web hosting bisnis. Informasi lebih jelas mengenai fitur web hosting bisa dilihat di halaman ini https://www.hostinger.co.id/web-hosting

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh Hostinger adalah website builder. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa dengan cepat membuat website karena ada banyak sekali template yang bisa dipilih. Template yang ditawarkan pun semuanya sudah dioptimasi untuk SEO dan mobile friendly.

Bagi website bisnis terutama toko online, keamanan website harus menjadi prioritas, terutama jika Anda meminta data private seperti data kartu kredit. Sertifikat SSL menjadi suatu keharusan karena berfungsi untuk mengamankan website dari cyber crime. Dengan Beli SSL untuk website, Anda bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dan menaikkan peringkat SEO. Biasanya perusahaan web hosting menawarkan sertifikat SSL di layanannya, termasuk Hostinger.

paket SSL Hostinger

Ada 2 jenis SSL yang ditawarkan oleh Hostinger, lifetime SSL dan pro SSL. Dengan lifetime SSL Security, Anda cukup membayar sekali saja untuk bisa mendapat perlindungan terhadap website. Sedangkan paket Pro SSL Security merupakan paket keamanan dengan sistem pembayaran tahunan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui alasan dan keuntungan memiliki website bagi pemilik bisnis maka tidak ada alasan untuk menunda pembuatan website. Persaingan bisnis semakin ketat sehingga semua pemilik bisnis harus selalu update dengan kondisi pasar terutama di era digital.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *