Ini Alasan Mengapa Anda Harus Mengatur Asupan Karbohidrat!

Penampilan, bagi banyak orang adalah sesuatu yang harus dimiliki dengan baik. Mulai dari rambut tebal, kulit bersih dan tentunya tubuh langsing. Khusus untuk yang satu ini, banyak orang yang akhirnya memilih untuk menjadi dokter bagi dirinya sendiri. Dengan menghindari atau malah mengkonsumsi satu jenis makanan tertentu.

fu 92

Padahal terkadang kita tidak tahu efeknya bagi tubuh. Seharusnya, ada satu hal satu hal yang perlu Anda pikirkan dengan baik selain penampilan tersebut, yaitu tubuh yang sehat. Ketika Anda memiliki tubuh yang proporsional dan tubuh yang sehat, tentu akan semakin menyenangkan bukan?

Dalam mencapai hal diatas, yaitu sehat dan memiliki tubuh proporsional sebenarnya tidaklah susah. Selama Anda disiplin melakukannya, pasti keinginan tersebut akan tercapai. Hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Menyeimbangkan asupan energi dengan yang akan kita keluarkan.
  2. Mengurangi makanan-makanan yang mengandung bahan kimia.
  3. Menghindari rokok dan alkohol.
  4. Berusaha memiliki jam istirahat yang teratur.
  5. Menyeimbangkan kehidupan Anda dan berusaha mengurangi stress.

Jika dilihat sekilas, hal-hal diatas terlihat sederhana dan mudah dilakukan. Akan tetapi pada prakteknya tidak mudah melakukan hal-hal diatas. Sebut saja yang paling sederhana mengenai keseimbangan asupan energi yang masuk ke dalam tubuh dan yang kita keluarkan. Berbicara mengenai energi, maka tidak akan bisa dilepaskan dengan karbohidrat.

Bicara mengenai karbohidrat tidak bisa dilepaskan dari makanan utama sebagian besar masyarakat Indonesia yaitu nasi. Banyak orang tidak bisa melepaskan nasi dari kehidupan mereka bukan? tapi berapa banyak orang yang menghitung seberapa banyak sebenarnya energi yang dibutuhkan dalam aktivitas kita.

Seandainya Anda mau menghitung, tentu Anda bisa mengatur asupan karbohidrat yang kita butuhkan dalam tubuh. Karbohidrat sendiri sebenarnya tidak semua baik untuk tubuh, karena ada karbohidrat yang terlalu cepat dipecah menjadi gula dan ada yang lambat yang dinamakan dengan karbohidrat sederhana.

Ketika terlalu cepat menjadi gula tentu tidak menguntungkan bagi kita yang sebenarnya tidak butuh begitu banyak energi. Karena dengan tidak diubah menjadi energi, berarti gula akan menumpuk dalam darah dan bisa menyebabkan penyakit atau menumpuk menjadi lemak.

Lalu, apa karbohidrat yang sehat dan baik untuk tubuh? jawabannya adalah karbohidrat kompleks yang terdiri dari senyawa-senyawa seperti dikasarida, oglisakarida dan polisakarida. Karbohidrat ini baik untuk tubuh karena:

  • Lambat dipecah menjadi gula sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat.
  • Akan membuat kenyang lebih lama sehingga membuat Anda terhindar dari makan makanan yang tidak sehat atau ngemil.
  • Cadangan energi akan lebih banyak, karena tidak semua karbohidrat diubah langsung menjadi energi.
  • Tidak perlu ada gula yang sia-sia dan menumpuk menjadi lemak.

Dari daftar kelebihan karbohidrat kompleks diatas dapat dipastikan, Anda bisa mendapatkan berat badan ideal dan tentunya akan lebih sehat jika mengkonsumsi makanan yang berada pada kategori ini. Bukan menghindari semua jenis karbohidrat. Karena karbohidrat juga memiliki fungsi untuk menghemat protein, membantu metabolisme lemak dan memperlancar pencernaan.

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah makanan dalam kategori sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu gandum, beras merah, biji-bijian dan kacang-kacangan juga berada dalam kategori ini.

Namun demikian bukan berarti nasi putih tidak boleh dikonsumsi, hanya saja lebih baik dibatasi. Karena kebutuhan karbohidrat sebenarnya hanya 50 sampai 60% kebutuhan nutrisi tubuh per hari. Untuk mendapatkan nilai ini, Anda dapat mengkonsumsi 8 sampai 9 sendok makan nasi putih sekali makan. Mudah bukan?

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *