Ini Alasan Mengapa Dunia Butuh Indonesia!

Ini Alasan Mengapa Dunia Butuh Indonesia! – Indonesia sudah terkenal di manapun sebagai negara yang besar. Banyak alasan mengapa Indonesia memiliki sebutan demikian.

a

Meskipun tidak melulu karena faktor perekonomiannya, tetapi banyak kekhasan di Indonesia yang tidak dimiliki oleh Negara lain. Sebut saja berapa banyak wisatawan manca yang datang ke sini untuk menikmati keragaman biota bawah laut. Atau sekedar menikmati ombak dan mengagumi alam pegunungan yang tak terhitung jumlahnya di Indonesia.

Apa keistimewaan alam Indonesia

Saat ini Indonesia terletak tak jauh dari khatulistiwa dan memiliki luas sekitar hampir 2 juta km persegi, dan terdiri dari banyak pulau baik besar maupun kecil. Tidak heran jika kemudian Indonesia sering juga disebut dengan negara kepulauan. Bahkan wilayah lautnya bisa dikatakan lebih luas daripada wilayah darat. Tak hanya pulau, bisa dikatakan topografi di Indonesia sangatlah unik. Banyak gunung berapi baik di atas daratan maupun di laut yang memberikan efek positif dan negatif sekaligus. Di satu sisi, resiko letusan sangat tinggi. Tapi di sisi lain, letusan inilah yang akan membawa kesuburan.

Indonesia paru-paru dunia

Karena letaknya yang dekat dengan garis lintang bahkan salah satu daerahnya dilewati oleh garis khatulistiwa, membuat iklim di Indonesia adalah iklim tropis. Dengan iklim tropis, curah hujan yang turun juga lumayan tinggi.

Sehingga banyak hutan tadah hujan seperti yang ada di Brazil ada di Indonesia. Spesies tumbuhannya juga sangat beragam, bahkan bersama Brazil menjadi hutan yang paling lengkap di dunia. Beberapa alasan inilah yang membuat Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia.

Sebutan ini juga didukung dengan fakta bahwa:

  • Saat ini hutan kita memiliki luas sekitar 162 jt ha, yang tersebar di Pulau Papua paling banyak, disusul Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku dan Malut, Jawa dan terakhir Bali disusul Nusa Tenggara.
  • Banyak Negara peduli dengan hutan Indonesia sampai memberikan dana untuk pelestariannya, seperti Norwegia misalnya yang menyumbang kurang lebih 50 juta US dollar.
  • Mulai tahun 2011 ada moratorium untuk pelarangan penebangan hutan untuk menjaga ekosistem di dalamnya,
  • Indonesia menjadi salah satu tujuan bintang film terkenal untuk pembuatan film dokumenter mengenai lingkungan yang tayang di channel televisi kabel di US.

Lalu Berpangkutangankah Kita?

Sayangnnya, meskipun Indonesia menjadi paru-paru dunia tapi antara manfaat yang diberikan hutan dengan jumlah hutan berbanding terbalik. Berdasarkan penelitian didapati jika di Indonesia ada pengurangan jumlah luas hutan sekitar 460 ribu hektar sampai tahun 2012 yang lalu.

Tidak menutup kemungkinan angka ini semakin bertambah, seiring dengan masalah kabut di Provinsi Riau yang efeknya sampai ke negeri tetangga. Hal ini membuktikan pembukaan lahan pertanian dari hutan tetap dilakukan. Mengingat pentingnya hutan ini, bukankah penting bagi kita untuk mulai melestarikan lingkungan. Tak perlu jauh-jauh, dimulai dari menanam pohon di sekitar lingkungan kita selama kita konsisten, maka efeknya pasti akan besar.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Ini Alasan Mengapa Dunia Butuh Indonesia!

  1. Pingback: Mari Hijaukan Lingkungan Agar Senantiasa Aman untuk Generasi Mendatang | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *