Ini Buktinya Indonesia Adalah Surganya Pantai!

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ratusan bahkan mungkin ribuan gugusan pantai indah yang sayang untuk dilewatkan. Maka, kenapa kita harus memilih iri dengan pemandangan di pantai di Luar Negeri jika Negeri kita sendiri memiliki. Mungkin yang harus kita contoh adalah bagaimana mereka merawat pantai-pantai tersebut. Seperti dengan tidak membuang sampah sembarangan. Langsung saja, berikut akan kita bahas dimana saja letak pantai-pantai indah tersebut.

fi 57

Pulau Kalimantan

Sebagai pulau terbesar kedua setelah Papua, disini tidak hanya terkenal dengan hutan maupun budayanya, tapi juga ada pantai indah yang mungkin belum pernah Anda kunjungi, yaitu Pantai Derawan yang ada di Kalimatan Timur.

Keindahan dan kenyamanannya telah diakui oleh dunia dengan masuk ke rangking 63 dari 100 pantai terindah di seluruh dunia menurut CNN. Meskipun disana juga ada beberapa pantai lagi yang bisa Anda kunjungi seperti pantai melawai di Balikpapan dan pulau Beras Basah di Bontang, Kalimantan Timur.

Pulau Sulawesi

  • Berada sekitar 5 jam perjalanan atau 30 km dari Makassar ada sebuah pantai yang memiliki air sangat hijau sampai Anda bisa melihat pemandangan bawah lautnya dengan mata telanjang. Yaitu pantai tanjung bira yang terkenal akan kelembutan pasir putihnya. Berada disini membuat Anda tak akan berhenti bersyukur telah hidup di bumi Indonesia.
  • Selain pantai Tanjung Bira, ada juga Tomini Bay atau teluk Tomini yang terkenal dengan keanekaragaman bawah lautnya. Sehingga disini Anda juga bisa memuaskan hobi memancing.

Pulau Belitung

Siapa tak kenal dengan film Laskar Pelangi. Film laris karya Andrea Hirata ini mampu menjadikan tempat yang menjadi setting filmnya menjadi terkenal. Iya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki dua pulau. Pulau Bangka yang lebih besar dan Pulau Belitung yang lebih kecil.

Di Pulau Belitung sendiri meskipun kecil tapi dulunya adalah pulau kaya penghasil timah. Tak heran jika pantai disana terkenal akan pesona batu-batu alamnya seperti batu granit dan tentunya pasirnya yang putih bersih dan lembut maupun airnya yang sangat jernih.

Pulau Sumba

Di pulau yang terletak di bagian timur Indonesia dan berada di provinsi NTT ini, memang biasanya terkenal dengan pada savananya. Hamparan rumput hijau dengan puluhan kuda menggembala rapi diatasnya membuat kita serasa berada di Benua Afrika. Tetapi jangan salah, disana juga terdapat banyak pantai menarik. Yaitu Pantai Nihiwatu yang bahkan keindahannya ada di rangking 17 dari 100 pantai terindah di dunia.

Kepulauan Maluku

Sama-sama berada di Indonesia bagian timur dengan Pulau Sumba, disini juga ada pantai yang menarik. Yaitu pantai Ora yang berada di Maluku Tengah lebih tepatnya. Bahkan keindahannya dapat disejajarkan dengan pantai-pantai di Luar Negeri seperti di gugusan Samudera Pasifik maupun di Filipina. Disini juga tersedia resort kelas internasional yang akan membuat Anda menikmati liburan dengan nyaman.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *