Ini Cara Menjadikan Internet Sebagai Sumber Penghasilan!

Siapa yang saat ini tak bermain dengan internet, jawabannya pasti semua bermain dengan internet. Entah itu hanya untuk bermain media sosial, untuk berbisnis atau juga untuk keperluan yang lain. Banyak media yang bisa digunakan untuk terhubung dengan internet. Mulai dari smartphone, tablet, phablet dan juga tentunya internet.

fia 95

Jika berbicara mengenai toko online di internet, tentu tak perlu lagi diragukan banyaknya. Tapi apakah dari semua penjual online ini bisa menarik pembeli? menjadi penjual online memang gampang-gampang susah. Secara modal memang tak perlu diragukan lagi, jumlahnya tak perlu sebesar ketika kita harus berjualan secara offline.

Tapi jika bicara mengenai usaha untuk menjual atau pemasarannya, tentu tak berbeda sulitnya antara toko online maupun toko offline. Jika Anda ingin sukses berjualan melalui toko online, paling tidak cara-cara berikut ini harus Anda lakukan:

  1. Web yang Anda miliki haruslah menarik, baik secara isi maupun desain. Tak hanya sekedar jenis barang yang dijual tapi juga termasuk informasi mengenai barang-barang tersebut termasuk tips yang berkaitan dengan produk.
  2. Gunakan domain web yang berbayar sehingga Anda terlihat serius berbisnis dengan mengeluarkan modal.
  3. Sertakan nomor yang bisa dihubungi terkait dengan layanan pelanggan, jangan sampai para konsumen kesulitan menghubungi Anda.

Selain beberapa cara diatas, satu hal lagi yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan web sebagai media berjualan atau toko online. Yaitu Anda harus mengetahui kata-kata apa yang sering dicari orang pada mesin pencari atau search engine besar, seperti Google misalnya.

Dengan demikian ketika mereka mengetik kata ini, web Anda akan langsung berada di 10 teratas. Maka kemungkinan web dan produk Anda dilihat akan semakin besar bukan? Menggunakan kata yang sering digunakan di mesin pencari seperti ini dinamakan SEO atau search engine optimizing.

Untuk mengaplikasikan strategis seperti ini Anda tidak perlu bingung. Ada banyak penyedia jasa SEO yang siap membantu Anda. Tetapi tentunya Anda harus menyiapkan dana tambahan. Agak sedikit rumit juga ketika Anda berpromosi melalui media sosial. Anda tidak boleh terlalu sering melakukan broadcast mengenai produk yang Anda jual, tidak boleh menulis status yang mengandung SARA dan masih banyak lagi. Maka berjualan melalui media online pun, selain masalah modal, juga sama repotnya dengan berjualan secara offline.

Namun Anda tak perlu kecewa, internet masih bisa menjadi sumber penghasilan Anda melalui cara-cara berikut:

  1. Menjadi penulis artikel, review atau kolom di suatu web. Usahakan menjadi kontributor tetap, karena dengan demikian Anda akan mendapatkan honor pasti dan tidak musiman.
  2. Memberikan komen di sebuah forum dan menjadi member aktif. Para netizen atau pengguna internet menyebut hal ini sebagai forum poster atau pemberi post aktif di sebuah forum.
  3. Menjadi pembuat web sekaligus merawat web dan memberikan jasa SEO seperti yang dijelaskan diatas. Jangan dikira web tidak butuh dirawat, jika tidak banyak post yang ada di web degan topik yang berganti-ganti dan sesuai trend, tentu akan membuat orang meninggalkan web tersebut.

Selain itu menjadi translator, menjadi mentor atau memberikan kursus secara online, membuat video tutorial atau sekedar video lucu di Youtube juga menjadi banyak cara mendapatkan penghasilan di internet. Semakin banyak pengunjung web atau channel maka iklan akan berdatangan dan memberikan kontribusi kepada Anda.

Dengan beberapa jenis pekerjaan ini Anda tidak perlu modal, hanya perlu semangat belajar tinggi, kreativitas dan tentunya ketekunan. Ayo semangat!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *