Ini Daftar Makanan Sehat Akan Menjadi Berbahaya Bila Berlebihan

Ini Daftar Makanan Sehat Akan Menjadi Berbahaya Bila Berlebihan – Eliza Zied, ahli gizi dan penulis Younger Next Week mengatakan “Makanan bergizi dapat menambah kalori bila berlebih. Selain itu bila kita makan suatu makanan secara berlebihan,kita tidak punya cukup ruang untuk menyerap vitamin lain dari makanan lain.”

Untitled

Terkadang jika kita menyukai suatu jenis makanan,kita akan terangsang untuk memakannya terus menerus. Dan ternyata hal itu bisa berbahaya bagi tubuh karena bisa-bisa tubuh kita kekurangan vitamin yang lainnya. Berikut ini adalah makanan yang sehat.Namun bila dimakan secara berlebihan bisa menimbulkan dampak negative bagi tubuh.

Omega-3 dan Minyak Ikan

Omega-3 memang baik untuk melawan peradangan dalam tubuh. Dosis normal untuk omega-3 adalah 1-6 gram per hari. Bila dikonsumsi lebih dari dosis itu, bisa menyebabkan darah menjadi encer bagi orang normal. Begitu juga minyak ikan. Minyak ikan adalah sumber vitamin A yang sangat berguna bagi kesehatan mata. Namun apabila dikonsumsi berlebih,minyak ikan bisa menyebabkan keracunan vitamin A.

Tuna

Tuna mengandung methylmercury yang bila dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan keracunan syaraf sepert gangguan pengelihatan,gangguan bicara,melambatnya pertumbuhan,serta masalah pada kognitif lainnya.

Kedelai

Kedelai dapat mengontrol kadar kolestrol dan tekanan darah. Tapi bila anda mengkonsumsi kedelai secara berlebih bisa menyebabkan terhambatnya penyerapan zat besi yang berujung pada anemia. Selain iyu,kedelai juga punya senyama mirip estrogen yang dapat menyebabkan kanker rahim.

Bayam

Manfaat bayam memang tak perlu diragukan lagi. Sayur yang satu ini memang kaya zat besi dan mineral. Tapi berhati-hatilah bila anda kecanduan bayam. Bayam mengandung tinggi okstalat yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Tomat dan Jeruk

Kedua buah ini memang mantap bila diminum sebagai jus ataupun dimakan. Bagi anda penderita asam lambung,anda harus membatasi konsumsi kedua buah ini karena dapat meningkatkan produksi asam lambung. Normalnya,2 buah perhari.

Kayu manis

Kayu manis punya banyak kandungan gizi dan kaya antioksidan. Namun tahukah anda,bila kayu manis bisa menyebabkan keracunan hati. Kayu manis mengandung coumarin. Dosis yang dianjurkan adalah 0,1 mg per kg berat badan anda.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang cocok untuk anda yang sedang berdiet. Tapi berhati-hatilah,bila anda mengkonsumsi kacang-kacangan secara berlebih,bukannya tubuh ideal yang didapat. Malah berat badan bisa melonjak karena kacang mengandung tinggi kalori.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *