Ini Dia 5 Perang Terlama Di Dunia

Perang seakan sudah menjadi konsekuensi yang tidak bisa lagi terelakkan sepanjang sejarah kehidupan manusia. Terkadang perang terjadi sangat singkat, namun beberapa diantaranya justru terus menerus berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Bertahun-tahun, puluhan hingga ratusan tahun seperti yang ada di bawah ini.

o 75

1. Punic War (118 tahun)

Perang antara Kartago dan Roma ini dimulai 264 SM. Perjanjian perdamaian secara resmi kemudian tiba di tahun 1985 AD yang secara resmi membuat perang ini berlangsung selama 2.248 tahun. Akan tetapi di dalam perang ini Kartago telah dikalahkan oleh Roma pada 146 SM yang membuat Roma mengambil alih seluruh wilayah Kartago.

2. Hundred Year’s War (116 tahun)

Perang Seratus Tahun adalah rangkaian pertempuran Perancis dan Inggris sejak tahun 1337 dan 1453. Perang berawal ketika Raja Edward III (Inggris) menginvasi Perancis serta mengklaim tahta Perancis bagi dirinya sendiri. Henry V menaklukan Perancis dalam Pertempuran Agincourt.

Skotlandia selanjutnya membantu Perancis, Joan of Arc (pemimpin wanita Perancis selama pertempuran) membuat Perancis bisa meraih beberapa keberhasilan tahun 1429. Akhirnya Paris dibebaskan dari kekuasaan Inggris tahun 1436 dan Inggris sepenuhnya diusir keluar dari Perancis tahun 1453.

3. Perang 80 Tahun

Perang Kemerdekaan Belanda atau Perang 80 Tahun (1568-1648) berawal sebagai pemberontakan pada Philip II, sang tuan Belanda Habsburg. Perang kemudian berakhir dengan Perjanjian Westphalia. Tujuh provinsi berhasil memisahkan diri sejak pemberontakan berlangsung dan membentuk Republik Belanda.

4. Guatemalan Civil War (36 tahun)

Berawal tahun 1960 hingga 1996, perang saudara Guatemala berlangsung selama 36 tahun. Sekelompok perwira militer junior melakukan pemberontakan tahun 1960, tanggapan terhadap pemerintah otokratis.

Dasar pertempuran bersenjata untuk melawan pemerintahan Guatemala selama 36 tahun. Selama konflik berlangsung, sejumlah kelompok sayap kiri bergerilya melawan pemerintah sayap kanan.

Baca Artikel Lainnya :

5. Perang 30 tahun

Perang 30 tahun menjadi konflik yang turut merusak sejarah Eropa. Perang yang terjadi di berbagai kawasan yang dikenal sebagai Jerman (saat ini) melibatkan sebagian besar negara Eropa. Bahkan perang yang juga melibatkan Angkatan Laut ini sempat membentuk bangsa kolonial.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *