Ini dia 6 Manfaat Mengkonsumsi Makanan Manis

Ini dia 6 Manfaat Mengkonsumsi Makanan Manis – Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi makanan manis mengakibatkan sejumlah penyakit obesitas, diabetes, dah banyak penyakit berbahaya lainnya.

Untitled

Padahal isu ini tidak sepenuhnya benar, karena makanan yang kita konsumsi akan bermanfaat bagi tubuh, termasuk makanan manis jika dikonsumsi sesuai kebutuhan atau tidak berlebih. Gula adalah sumber pilihan bahan bakar otak manusia.

Gula disini bukan gula meja, tapi glukosa yang dimetabolisme tubuh kita dari gula dan karbohidrat yang kita makan sehari-hari. Saat penggunaan gula tidak berlebihan dan dikonsumsi secukupnya, maka akan bermanfaat untuk meningkatkan memori. Salah satu contoh dari makanan manis yang bermanfaat bagi adalah cokelat.

Manfaat kesehatan yang ada pada coklat karena mengandung senyawa antioksidan bernama flavonoid. Tanaman kakao adalah tanaman yang menghasilkan coklat dan kakao sangat kaya akan flavanols, jenis fitokimia flavonoid. Walaupun kedengarannya sederhana, tetapi mengkonmsumsi beberapa jenis coklat yang kaya akan kandungan flavonoid ini, dapat mempengaruhi kesehatan sistem tubuh, berikut ini diantaranya:

  1. Mampu Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Terdapat senyawa yang berfungsi untuk menenagkan ketegangan syaraf di dalam kandungan cokelat hitam.

  1. Meningkatkan Produksi Insulin

Cokelat hitam yang tidak mengandung phytochemical flavonoid dapat menurunkan resistensi insulin (faktor resiko diabetes) bagi mereka yang mengkonsumsi.

  1. Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah

Kandungan zat flavonoid pada coklat hitam bertindak sebagai antioksidan alami, yang juga terdapat pada anggur. Tekanan darah sistolik menjadi lebih rendah setelah diukur setiap hari oleh penelitian yang ada di Italia.

  1. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Dalam penelitian, cokelat hitam dapat mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%. Pembekuan trombosit dalam darah menjadi lambat pada orang yang mengkonsumsi cokelat hitam dibandingkan mereka yang tidak.

Trombosit yang mengalami pembekuan akan berdampak pada penyumabatan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan manfaat buah-buahan, mengkonsumsi cokelat menjadi ketakutan sendiri bagi mereka yang sedang melaksanakan program diet.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menemukan bahwa cokelat hitam memberikan sensasi atau perasaan yang lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan apel, daripada cokelat putih. Artinya, ini akan mendukung dan cukup efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan Intelijen

Jika anda sedang merasa tertekan karena masalah pekerjaan, ada baiknya untuk mengkonsumsi cokelat hitam. Cokelat tidak hanya membantu mengurangi efek stress terhadap lingkungan, tapi juga akan meningkatkan kekuatan otak.

Kondisi ini ditemukan oleh para peneliti dari University of Nottingham yang menemukan bahwa minum kokoa yang kaya akan flavanol, berpengaruh dalam meningkatan aliran darah ke bagian-bagian utama dari otak selama 2 sampai 3 jam. Sehingga peningkatan kinerja dan kewaspadaan otak dalam jangka pendek akan terjadi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *