Ini Dia 8 Tips Untuk Mengajarkan Puasa Pada Anak

Ini Dia 8 Tips Untuk Mengajarkan Puasa Pada Anak – Bulan puasa sangat lah di tunggu pastinya bagi umat islam karena di bulan tersebut sangat memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa di bandingkan dengan bulan lainnya pada biasanya.

Karena di bulan ini sangat di beri kan ampunan dan juga di berikan paha yang berlipat ganda apalgai jika anda mengajarkan kepada anak anda untuk berpuasa dengan baik.

5

Maka dari itu, jika anda mempunyai anka yang berusia 5-8 tahun. Tidak salahnya jika anda mengajak untuk melakukan puasa bersama-sama dengan anda, Namun tidak makan dan minum sela  kurang dari 13 jam akan terasa berat bagi si kecil.

Berikut tips yang anda harus perhatikan mengajarkan anak berpuasa dengan baik tanpa mengeluh karena kelaparan atau kehausan.

Menjelaskan kewajiban berpuasa

Dengan memberikan pemahaman tentag kewajiban umat muslim untuk menjalanka ibadah puasa di bulan ramadhan, Diman puasa adalah salah satu kewajiban yang harus dijalankan selain ibadah-ibadah wajib lainnya.

Dan juga jelaskan keistimewaan di bulan puasa di bandingkan dengan bulan lainnya, Dimana bulan puasa sangat memiliki pahala yang berlipat ganda di bandingkan dengan bulan yang lainnya .

Membuat menu sahur yang di sukai

Dengan membuat makanan yang favorit anak-anak pada saat sahur sehingga mereka sangat lah bersemangat memakannya.

Dan juga siapkan makanan yang sangat lah bergizi agar anak anda tidak lah gampang lelah pada saat siang hari.

Berikan karbohidrat komplek seprti nasi, kentang, beras merah yang membuat kenyang lebih tahan lama dan jangan lupa tambahan juga tambahkan vitamin sebagai suplemen bagi anak anda.

Membagunkan anak menjelang imsak

Jika anda membangunkan lebih awal itu adalah hal yang sangat memberatkan bagi anak yang sudah terbiasa tidur lama. maka dari itu,  anda harus sabar melatih anak anda dengan bangun pagi yang sangat lah teratur.

jika anak anda sudah terbiasa, ajak cuci muka dengan mengunakan air dingin sehingga hilang kan nagantuk, sebaiknya bangunkan anak anda 30 menit sebelum imsak agar tidak terlalu lama menunggu waktu sholat subuh.

lakukan puasa secara teratur

jangan paksaan anak anda untuk berpuasa setiap harinya, Lakukan ini secara bertahap agar tidak merasa berat hati menjalankannya.

Pada awalnya biarlah buka puasa jam 12 siang, lakukan ini selama 2-3 hari. Kemudian di hari berikutnya ajak melanjutkan berbuka pauasa sampai magrib.

Memberikan aktivitas ringan

Agar anak tidak mudag lapar dan menanyakan kapan buka puasa, maka ajak lah anak anda dengan menonton televisi bersama-sama, membaca komik serta bermain game bersama.

Menjanjikan hadiah

Tidak ada salahnya jika menjanjikan hadiah untuk memberikan motivasi menyelesaikan puasanya satu bulan penuh.

Selalu buka puasa bersama

Saat sudah menjelang berbuka puasa dan yang paling di tunggu-tunggu anak. Lakukan lah secara bersama-sama saat berbuka agar anak merasakan kesenangan berbuasa selanjutnya serta memberiakan minuman dan makana yang sangat lah menyegarkan sperti es buah, kolah dan lainnya .

Mengajak tarawih berjamaah

Setelah usainya berbuka puasa dan lainnya, sebagai pelngkap menjalankannya ibadah di bulan ramadhan.

Baca Artikel Lainnya :

Sebaiknya anda mengajak anak anda menjalankan sholat tarawih di masjid agar anak anda bisa bertemu dengan teman-teman untuk berbagi pengalaman dalam menjalankan puasa serta agar anak dapat termotivasi menjalankan terus ibadah puasa

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *