Ini Dia Alasan Secara Teori Mengapa Bumi Kita Berputar

Sejak sekolah dasar, kebanyakan pelajaran IPA menerangkan tentang rotasi bumi atau perputaran bumi pada porosnya. Namun, pertanyaan baru muncul, mengapa bumi bisa berputar?

c 55

Sekadar informasi, bumi berputar sangat lambat. Sekitar 24 jam, bumi baru bisa kembali pada posisi semula atau melakukan satu putaran. Ketika bumi berputar atau berotasi, makhluk hidup dan segala isi bumi tidak merasakan hal itu.

Salah satu penyebabnya adalah gravitasi bumi. Lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa uraian ringkas mengapa bumi kita bisa berputar? (Baca Juga : Pengertian Rotasi Bumi)

Sisa momentum gerakan

Bukti nyata bahwa bumi kita berputar pada porosnya adalah terjadinya pergantian siang dan malam. Bumi kita berputar lantaran terdapat sisa momentum gerakan yang diproduksi dari solar nebula. Solar nebula sendiri merupakan tempat semua planet dan matahari tersusun.

Apa itu solar nebula?

Seperti yang dikupas sedikit di atas, solar nebula muncul akibat dari ledakan yang terjadi di semesta. Ledakan ini memberikan efek yang luar biasa, bahkan dampaknya masih terasa pada perputaran bumi.

Dikarenakan ledakan yang maha dahsyat itu, beberapa awan bersuhu rendah bercampur partikel hidrogen mempunyai gerakan momentum sendiri. Semakin banyak partikel yang berkumpul, maka semakin besar pula gerakan momentum.

Dengan arti kata, semakin besar massa planet maka gerakan momentumnya juga akan meningkat. Gerakan momentum ini terpengaruh oleh gaya gravitasi ke arah inti dalam sehingga membentuk sebuah planet yang berbentuk bulat.

Hukum kekelan momentum sudut

Perputaran bumi pada porosnya juga bisa dilihat dari hukum kekekalan momentum sudut. Formula atau rumus momentum sudut adalah L = ωI = ωmr2. Penjelasannya, ω adalah kecepatan sudut dalam radian per detik, m adalah massa, sedangkan r adalah jari-jari gerakan lingkaran.

Baca Artikel Lainnya :

Rotasi terjadi selamanya

Kemudian, mengapa bumi terus-menerus berotasi dan tak pernah bisa berhenti? Jawabannya sederhana saja, karena luar angkasa adalah ruang hampa. Ibaratnya, ketika Anda sedang memutar gasing di dalam ruangan yang kedap udara, maka tidak ada gaya apapun atau benda apapun yang bisa menghentikannya berputar. Seperti halnya bumi. Bumi akan terus berputar selamanya.

Semoga uraian singkat di atas bermanfaat untuk Anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *