Ini Dia Bagian Penting Otak Manusia

Bersyukurlah Anda dianugerahi otak oleh Sang Pencipta. Otak merupakan sumber pengatur segala sistem tubuh dengan jaringan-jaringan syaraf yang sangat rumit dan jumlahnya sanagt banyak.

e 17

Tanpa otak yang berfungsi normal, maka manusia tidak akan bisa beraktivitas dengan baik. Tanpa aktivitas otak, manusia akan mengalami keadaan yang disebut dengan koma.

Usut punya usut, otak ternyata memiliki sejumlah bagian penting yang dibagi-bagi menjadi 5 bagian. Kalau Anda penasaran apa saja bagian penting dalam otak manusia, mari kita simak ringkasan berikut:

  • Cerebrum (otak besar)

Cerebrum atau disebut juga dengan otak besar, menguasai hampir 85% bobot otak. Jika Anda sedang berolahraga dan menggerakkan otot-otot, kemungkinan besar, cerebrum yang mengatur hal ini.

  • Cerebellum (otak kecil)

Bagian kedua yang penting adalah cerebellum. Letaknya adalah di belakang kepala atau tepatnya di bawah otak besar. Disebut otak kecil lantaran memang ukurannya kecil sekitar seperdelapan otak. Namun, meski kecil ini adalah bagian otak yang paling penting.

Pasalnya, cerebellum membantu untuk menjaga keseimbangan dan koordinasi otot. Kalau Anda bisa berjalan, naik sepeda atau berdiri tegak tanpa sempoyongan, tentu cerebellum yang memegang peranan penting ini.

  • Batang otak

Di antara otak dan leher, ada satu bagian vital yang tidak boleh dilupakan, yaitu batang otak. Batang otak memegang peranan penting dalam menghubungkan sisa otak dengan sumsum tulang belakang yang berada di sekitar leher hingga punggung.

Batang otak berfungsi sebagai sistem pengatur bagaimana manusia dapat bernapas, pencernaan makanan serta pendistribusian oksigen agar manusia bisa bertahan hidup.

  • Kelenjar hipofisis

Bagian otak yang berfungsi untuk mengatur kerja hormon-hormon penting agar manusia bisa berkembang dan tumbuh besar. Tak terkecuali, dalam masa puber. Kelenjar hipofisis yang menyebabkan laki-laki, bisa memiliki kumis sementara anak perempuan tumbuh payudara.

Kelenjar yang berukuran sebesar kacang polong ini juga membantu hormon tubuh dalam mengatur sistem metabolisme tubuh sehingga manusia dapat bernapas, makan, dan mengatur peredaran darah.

Baca Artikel Lainnya :

Hipotalamus adalah bagian otak untuk mengatur suhu tubuh. Jika Anda sedang demam, kemungkinan besar hipotalamus bekerja lebih keras dari biasanya. Suhu normal manusia rata-rata 37 derajat Celcius.

Apabila suhu tubuh terlalu tinggi, hipotalamus yang akan memerintahkan sistem kelenjar keringat agar mengeluarkan uap air atau keringat. Sementara, ketika kondisi hawa dingin, ia menugaskan tubuh untuk menggigil agar suhu tubuh manusia kembali pada temperatur normal.

Semoga ringkasannya mudah dipahami ya…

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *